Kenapa Sih Orang Asing di Indonesia Dipanggil Bule?

Kenapa Sih Orang Asing di Indonesia Dipanggil Bule?

Kenapa sih orang asing di Indonesia dipanggil 'bule'? Artinya apa sih?

'Bule' adalah sebutan yang gak asing lagi di telinga orang Indonesia. Biasanya, sebutan itu mengarah pada laki-laki atau perempuan yang berperawakan tinggi, hidungnya mancung.

Rambut para 'bule' biasanya pirang, dan bakal terlihat berkilau di bawah teriknya matahari di negara kita. Matanya kadang cokelat, atau biru. Kulitnya putih, kadang juga kemerahan.

Kayaknya susah deh gak nyebut dia sebagai 'bule' (majalahouch.com)

Ciri-ciri fisik bule tentu saja berbeda dengan ciri fisik orang Indonesia kebanyakan. 

Karena ciri fisik demikian, orang-orang Indonesia terbiasa memanggil orang-orang asing di sekitarnya dengan sebutan itu. 

Sebutan itu ditujukan pada mereka baik yang sekadar berkunjung ke Indonesia untuk menikmati keindahannya. Entah mereka orang Amerika atau Eropa. Atau bahkan yang sudah berpuluh-puluh tahun menetap dan tinggal di sini.

Malah udah bisa berbahasa daerah. Nggak cuma bahasa Indonesia doang. Mereka juga kadang-kadang langsung tau kalo mereka akan disebut 'bule' begitu.

Ada juga yang sampe nikah dengan orang sini ya disebut 'bule' juga (Facebook chungky.fungky.3)

Lebih jauh, 'bule' kadang-kadang juga dijadikan semacam indikator ketenaran sebuah destinasi wisata. Misalnya ketika menyebut, "Di sana banyak bulenya." Iya, kan?

Belom lagi kalo orang-orang Indonesia yang menikah dengan WNA itu dan punya anak yang memiliki darah Kaukasia. Itu juga seringkali juga disebut 'bule'. 

Tapi kenapa sih mereka disebut 'bule' oleh orang-orang Indonesia?

Seperti dikutip dari Kumparan.com, 'bule' dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki tiga pengertian. Bulai; orang (binatang dan sebagainya) berkulit putih; dan orang berkulit putih (terutama orang Eropa dan Amerika): orang Barat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"