Kenapa Sih Menjaga Kesehatan Mental Itu Penting Dan Gimana Cara Melakukanya?

Kenapa Sih Menjaga Kesehatan Mental Itu Penting Dan Gimana Cara Melakukanya?

Gini lho caranya menjaga kesehatan mental dengan mudah~

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau World Mental Health Day setiap tahunnya diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Kenapa hari ini sampai diperingati orang-orang seluruh dunia? Soalnya biar masyarakat lebih aware soal kesehatan jiwa. 

Tau nggak sih kalo ngejaga kesehatan mental tuh sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Soalnya, ketika kejiwaanmu sehat, ini berarti bisa bantu tubuh buat melawan stres yang bisa berujung depresi dan fisik juga jadi lebih bugar. 

Nggak cuma itu, dengan jiwa yang sehat, kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit atau gangguan mental kayak skizofrenia, bipolar, demensia, anoreksia, atau bulimia. 

Lalu, gimana sih cara menjaga kesehatan jiwa yang bisa dilakuin sehari-hari?

World Mental Health Day (insighthealthcare.org)

Kehidupan yang seimbang

Cara paling sederhana buat menjaga kesehatan mental adalah dengan membagi-bagi waktu. Meski kegiatan padat merayap, kamu mesti bikin semuanya seimbang, termasuk nyelipin waktu-waktu buat me time, kumpul sama keluarga, ketemu pasangan, main sama teman, ngelakuin hobi, dan kegiatan lainnya. Keseimbangan hidup ngaruh banget lho ke kesehatan mental. 

Gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat itu termasuk makan makanan yang gizinya seimbang, olahraga rutin, dan tidur cukup. Nggak cuma ngaruh ke kondisi fisik lho, jiwamu juga bakalan terbantu banget sih dengan gaya hidup yang sehat. Kalo belom bisa yang sehat-sehat banget, senggaknya mulai aja dengan menyeimbangkan gaya hidupmu dan terus belajar pelan-pelan sampai bisa sehat maksimal.

Meditasi bisa di mana aja (fee.org)

Meditasi

Biar pikiran dan hati lebih tenang, kamu mesti banget deh coba rutinin meditasi. Kadang, orang tuh kelewat sibuk sama kegiatan dan pikirannya masing-masing. Sampai-sampai, kamu lagi makan, mandi, di jalan, mau tidur pun banyak pikiran. Makanya, meditasi tuh jadi momen di mana kamu berdiam diri dan ngilangin semua pikiran-pikiran sementara. Udahannya, malah kerasa lebih fresh dan nggak mumet lagi lho. 

Melakukan hal-hal menyenangkan

Semua orang pasti punya kesibukannya masing-masing, kayak kuliah, kerja, nyari kerja, kuliah sambil kerja, kerjaan double, bantuin orang tua, dan sebagainya deh. Nah, biar kepala kamu nggak keburu meledak saking stresnya dengan rutinitas, jangan pernah lupa deh buat bersenang-senang dan memanjakan diri sendiri. 

Caranya bebas banget, bisa aja belanja, jalan-jalan di mall, nonton film atau konser, seru-seruan ke taman bermain, ketemuan sama temen-temen lama, minum kopi, makan enak, atau sekedar ngeluangin waktu seharian buat leyeh-leyeh di rumah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"