Kenapa Sih Jari Tangan dan Jari Kaki Jumlahnya 10?

Kenapa Sih Jari Tangan dan Jari Kaki Jumlahnya 10?

Jumlah jari kaki dan tangan kita saat ini, dirasa sudah paling efektif dan efisien.

Semua orang tahu bahwa jumlah jari kaki dan tangan seorang manusia adalah 10. Tapi apakah kamu tahu kenapa harus 10?

Kita juga punya ibu jari tangan dan ibu jari kaki yang lebih besar ukurannya. Kira-kira kenapa ya?

Tangan manusia (bgr.com)

Penasaran? Yuk simak ulasan berikut ini.

Pertama untuk keseimbangan.

Seperti dikutip dari Kompas.com, menurut para ilmuwan yang telah meneliti hal ini, alasannya ternyata sederhana tapi logis gengs. Jumlah 10 jari bikin seluruh tubuh kita seimbang dan memudahkan tubuh mempertahankan keseimbangan.

Jumlah jari kaki dan tangan untuk menjaga keseimbangan (uncagedergonomics.com)

Kalau jumlah jari kita lebih banyak atau lebih sedikit, ternyata jadi gak baik buat keseimbangan tubuh. Apalagi ada orang yang satu tangannya memiliki 6 jari. Hal itu memiliki pengaruh yang tidak menguntungkan.

Para ahli juga menjelaskan, ibu jari pada kaki berukuran lebih besar berfungsi untuk menyeimbangkan tubuh saat berjalan dan memberi tekanan pada tubuh saat melompat. Kalau jumlah jarinya gak 10 gampang oleng kali ya gengs?

Kelima jari kita memiliki fungsi dan peran masing-masing untuk beraktivitas sehari-hari. Gak ada yang lebih manis atau yang lebih bagus ya. Semua ada fungsinya.

Kedua, berkaitan dengan hukum anggota badan.

Seorang ahli neurobiologis teoritis, Mark Changizi menemukan teori bernama Hukum Angggota Badan. Katanya rumus matematika dapat digunakan untuk menjelaskan jumlah anggota tubuh yang dibutuhkan serangga, hewan, dan manusia untuk beraktivitas.

Hukum Anggota Badan mengatakan bahwa semakin pendek anggota badan maka semakin banyak anggota tubuh yang diperlukan. Jari tangan dan jari kaki merupakan bagian dari tangan dan kaki kita. Manusia membutuhkan cukup banyak jari tangan dan kaki untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu seperti mengepalkan tangan dan memegang benda.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"