Setelah Mampu Sentuh Titik Terdalam Bumi, Kini China Gali Bulan Hanya dengan Remote

Setelah Mampu Sentuh Titik Terdalam Bumi, Kini China Gali Bulan Hanya dengan Remote

Teknologi semakin canggih. Berbagai inovasi kini dilakukan manusia untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan kebanggaan suatu negara. Salah satunya yang terjadi di China belum lama ini.

Negara Tirai Bambu ini sedang menggali bulan sekaligus berhasil menyentuk titik terdalam bumi. Adalah kapal selam Fendouzhe, yang berhasil mencapai salah satu titik terdalam Bumi yang berada di kedalaman 10.909 meter.

Kapal Fendouzhe terhitung telah berhasi menyelam di laut Pasifik bagian barat tepatnya di Palung Mariana yang merupakan area terdalam bumi selama 13 kali. Terhitung sejak misi tanggal 10 Oktober 2020 digelar.

Kapal Fendouzhe milik China (suara.com)

Tentu saja kedalaman yang nyaris 11 km itu merupakan prestasi baru bag China. Meskipun rekor dunia masih dipegang oleh Victor Vescovo. Ia adalah petualan sekaligus investor yang berhasil mencapai kedalaman 10.934 meter.

# Tentang Wahana Selam Fendzhou

Sejak tahun 2016, Fendzhou yang adalah wahana selam buatan China telah dikembangkan. Mengutip detikNET, pembuatan wahana selam ini melibatkan banyak sekali pihak baik dari kalangan perusahaan maupun kampus. Antara lain: 100 institusi riset di China dan 1000 ilmuwan.

Prestasi mencapai titik terdalam bumi sangat membanggakan bagi warga China. Apalagi setelah berbagai usaha yang dilakukan China untuk proyek ini. Salah satunya tahun 2010 lalu, ketika wahana dalam laut Jiolong berhasil mencapai kedalaman 3.759 m.

Fendhouze sendiri memang dikenal sebagai wahana yang bisa menghadapi tekanan besar di laut dalam dengan aman. Ia juga mampu memuat 3 awak sekaligus.

# Komentar Presiden China



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"