Kenapa Mahar Wajib dalam Pernikahan dan Berapa Jumlahnya?

Kenapa Mahar Wajib dalam Pernikahan dan Berapa Jumlahnya?

Dalam setiap akad, pasti kamu pernah mendengar bahwa mempelai pria selalu memberikan mahar bagi mempelai perempuan. Kenapa ya? Penasaran? Simak, ulasannya, yuk!

Mahar dalam pernikahan di agama Islam adalah wajib hukumnya, dan dikeluarkan pria untuk membayar "kebahagiaan" kepada istri. Timbul pertanyaan, mengapa Allah Azza wa Jalla mewajibkan seorang pria Muslim yang ingin menikahi seorang wanita membayar mahar?

Perlu diketahui, jika membayar mahar adalah salah satu syarat dalam pernikahan. Lalu berapa jumlah yang harus dikeluarkan, terutama jika ingin mencontoh Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam.

Namun perlu diketahui, jika semakin besar mahar yang dikeluarkan maka diyakini seorang pria akan lebih menghargainya dan memperlakukan istrinya lebih baik. Ini karena mahar yang dikeluarkan, terutama hasil keringatnya sendiri, adalah berkat kerja keras untuk mendapatkannya.

Ilustrasi Mahar (V&Co Jewellery)

Dikutip dari About Islam, dengan mengeluarkan mahar maka Allah ingin seorang suami bisa menjaga, melindungi, menghormati dan menghargai istrinya sehingga istri tersebut akan terhindar dari rasa direndahkan, diremehkan, dilecehkan, dan dibuang sesuka hati oleh pria. Bahkan Allah mewajibkan pria untuk membayar sesuatu kepada calon istrinya dengan sesuatu yang berharga. Tidak melihat apakah itu kecil atau besar.

Sejalan dengan itu, Allah juga mewajibkan suami untuk secara finansial menyediakan makanan, pakaian, tempat tinggal, dan kebutuhan istri secara terus menerus setelah menikah.

Lalu, berapa Banyak Mahar yang Dibayar Nabi Shallallahu 'alaihi wa salllam?

Baik Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa salllam dan para sahabatnya, telah memberikan berbagai contoh tentang jenis dan nilai mahar. Besaran dan nilai mahar bervariasi dari sedikit hingga banyak.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"