Kenapa Laki-Laki Sering Kesulitan Memahami Isi Hati Perempuan?

Kenapa Laki-Laki Sering Kesulitan Memahami Isi Hati Perempuan?

Banyak kaum Adam yang seringkali mengalami kesulitan dalam memahami lawan jenisnya yang diciptakan cantik oleh Tuhan: perempuan. Ini kondisi yang rumit dan membuat komunikasi dalam hubungan menjadi nggak mulus gengs.

Segala tindakan yang dilakukan perempuan sering dianggap berkebalikan dengan apa yang mereka ucapkan. Banyak laki-laki di dunia ini juga menganggap bahwa perempuan sering tidak mau mengungkapkan secara terbuka apa yang mereka pikirkan.

Laki-laki sering kesulitan memahami permintaan perempuan (themodernman.com)

Sebaliknya, mereka malah menyalahkan orang lain jika nggak mampu memahaminya. Hmm ... rumit kan?!

Dalam hal ini, psikolog Naomi Ernawati, mengatakan bahwa anggapan perempuan adalah makhluk Tuhan yang paling rumit untuk dipahami karena emang dilihat dari sudut pandang laki-laki.

"Sementara perempuan menyebutkan diri mereka sendiri sebagai orang yang hangat, ramah, namun lebih cemas dan sensitif terhadap perasaan mereka sendiri daripada laki-laki," kata Naomi, seperti dikutip dari Kompas.com.

Liat aja tuh ceweknya pake headset gitu, hehehe (themodernman.com)

Naomi kemudian mengutip data penelitian yang melibatkan 23 ribu laki-laki dan perempuan dari 26 budaya yang berbeda. Terutama negara-negara di Asia.

Perbedaan emosi, cara pandang, dan penyelesaian maslaah pada laki-laki dan perempuan juga menyebabkan kaum hawa dianggap lebih rumit. Itu terjadi karena mereka lebih banyak menggunakan sisi emosionalnya.

"Laki-laki lebih melihat sisi rasional, sehingga emosional dikesampingkan. Ini yang membuat perempuan punya lebih banyak pertimbangan, sehingga dianggap lebih rumit," lanjut Naomi.

Emosional versus rasional, gimana dong nih? (shutterstock.com)

Sejalan dengan itu, menurut Naomi, para pria juga sulit mengerti apa yang sebenarnya diinginkan oleh lawan jenisnya. Ini berhubungan dengan cara komunikasi.

Laki-laki umumnya berkomunikasi secara spesifik dan menggunakan logika mereka. Mereka juga berkontribusi dalam kesalahpahaman.

"Karena cara berkomunikasinya berbeda, sering terjadi salah paham. Mengapa? Karena perempuan sering tidak mengomunikasikan apa yang sebenarnya ingin mereka katakan dan berharap pria bisa menangkap apa saja yang mereka maksud," lanjutnya lagi.

Kalau udah gini bisa bahaya nih hubungan (quotemaster.org)

Maka dari itu, memperbaiki cara berkomunikasi adalah cara terbaik untuk menjaga hubungan yang baik antara laki-laki dan perempuan.

Untuk perempuan, Naomi menyarankan untuk memulai berkomunikasi secara efektif dengan belajar menyampaikan maksud yang diinginkan secara jelas. Sementara untuk laki-laki mungkin bisa memulai dengan memahami apa yang tersirat dari kata-kata dan belajar tidak melihat segala sesuatu secara harfiah aja.

Salah paham itu wajar, makanya perbaiki komunikasi kita ya gengs (shutterstock.com)

"Hal itu bisa dilakukan kalau emosi kita sudah terhubung, sehingga semakin lama kemampuan kita dalam memahami jadi lebih baik," kata Naomi.

Dah, selamat mencoba untuk saling lebih memahami lagi ya gengs. Semoga hubungan kalian akan baik-baik aja ya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"