Kenapa Kita Jadi Gampang Lapar Saat Cuaca Dingin?

Kenapa Kita Jadi Gampang Lapar Saat Cuaca Dingin?

Pernah gak sih kalian ngerasa lapar lagi pas cuaca lagi dingin? Padahal sebelumnya udah makan, tapi kok lapar lagi ya? Kenapa tuh?

Gak usah ditanya lagi sih, beberapa dari kalian pasti gampang banget lapar saat cuaca lagi dingin-dinginnya. Nafsu makan meningkat, tapi di sisi lain, kita takut gemuk. Huft...

Hujan nih, lapar gak sih? (weather.ambient-mixer.com)

Beberapa dari kalian mungkin memlih untuk tetap makan aja, urusan gemuk pikir nanti. Hehehe.

Tapi mungkin sebagian dari kalian juga lebih memilih menahannya. Beberapa mikir mending tidur, sebagian lainnya mungkin ... males makan sendirian.

Nah, soal ini, ada penjelasan ilmiahnya kok kenapa bisa begitu. Hal ini dijelaskan oleh sebuah penelitian. Dikutip dari IDNTimes, kita simak yuk ulasan alasan kenapa kita jadi gampang lapar saat cuaca dingin.

Tuh, kayak manggil-manggil gitu tuh (Instagram @nana_jajan)

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa ditemukan sebuah hubungan antara cuaca dingin dan kebiasaan kita makan. Penelitian-penelitian telah menemukan hubungan antara cuaca dingin dan meningkatnya nafsu makan terjadi karena adanya peningkatan konsumsi kalori.

Salah satu dari penelitian itu pernah diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition. Ternyata, peserta penelitian tersebut rata-rata mengonsumsi 86 persen kalori lebih banyak setiap hari di musim gugur daripada musim semi.

Penelitian lainnya yang dipublikasikan dalam European Journal of Epidemiology pun menemukan hal yang sama.

Masa iya kalian gak terpanggil sih? (batas.id)

Jadi gengs, cuaca dingin tuh bikin suhu tubuh kita jadi lebih rendah. Makanya, demi menghangatkan badan, kita akan cenderung untuk makan sesuatu. Pas banget kan tuh makan yang anget-anget waktu cuaca lagi dingin gitu.

Nah, yang jadi masalah, kita jadi lebih sering mengonsumsi makanan panas atau hangat yang berkarbohidrat tinggi atau berkalori tinggi. Beberapa contohnya mulai dari mi instan, bakso, atau pasta.

Jadi saat kita terpapar suhu yang lebih dingin, tubuh kita memang akan membakar lebih banyak kalori melalui proses thermogenesis untuk menghangatkan tubuh. Menggigil tuh salah satu cara tubuh kita menghangatkan badan kita yang kedinginan.

Tuh kan, tuh kan, kan jadi pengen (Instagram @nana_jajan)

Tapi, para ahli sepakat bahwa pembakaran kalori ini gak signifikan gengs! Maka dari itu, kalo berat badan kalian pengin tetap stabil meski cuaca lagi dingin, kalian harus membuat pilihan makanan yang tepat gengs.

Beberapa jenis makanan yang kita sebutkan tadi, semacam bakso atau mi instan, itu sangatlah menggiurkan. Iya kan? Tapi sadarilah bahwasanya makanan-makanan itu mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi gengs. Kalian yang makan dua jenis makanan itu gak bakal kenyang dalam waktu yang lama.

Dimsum warna-warni gini, siapa yang gak mau coba? (Instagram @nana_jajan)

Saat kita makan mi instan misalnya, gula darah kita akan melonjak dengan cepat. Nantinya, pankreas kita jadi harus bekerja lebih keras mengeluarkan insulin untuk menurunkan gula darah.

Sementara, ketika gula darah kita udah turun, kita bakal kembali merasakan ... L-A-P-A-R!

Makanya, sangat disarankan banget agar kita tidak memakan makanan yang membuat gula darah melonjak gengs.

Tuh, makan mi pas hujan tuh oke banget (hellosehat.com)

Makanan macam sup atau semur daging misalnya, ditambah telur dan sayuran. Itu cocok tuh gengs. Kenyang yang kalian rasakan akan lebih lama. Kalian juga bisa menambahkan sayuran lebih banyak ke dalam dua jenis makanan itu.

Menambahkan sayur ke dalam menu makanan hangat itu pilihan tepat. Kita kenyang, kenyangnya lebih lama, dan kita gak terlalu banyak mengonsumsi makanan yang terlalu banyak kalorinya. Nah, makan makanan yang banyak sayurnya juga gak bikin khawatir tentang kenaikan berat badan gengs.

Yaudah deh, makan yang sehat-sehat aja ya maz (shutterstock.com)

Saran lain untuk kalian yang kelaparan pas cuaca lagi dingin-dinginnya, coba deh makan dalam porsi yang lebih kecil. Kasih jarak sebentar, terus makan lagi. Kalo gitu mah gapapa gengs. Sesekali kalian juga bisa sekalian berolahraga demi mencegah kenaikan berat badan.

Jadi, ada tuh kaitannya antara cuaca dingin dan rasa lapar. Kalian perlu lebih mengontrol jenis makanan yang kalian konsumsi gengs. Itu ya kalo kalian gak mau bertambah gemuk loh, rawan banget soalnya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"