Kekeringan Parah, Timor Leste Pakai Teknologi Ubah Sinar Matahari dan Udara Jadi Air

Kekeringan Parah, Timor Leste Pakai Teknologi Ubah Sinar Matahari dan Udara Jadi Air

Air adalah sumber kehidupan, gak ada yang bisa bertahan tanpa air dalam jangka panjang. Kita aja, manusia, lebih bisa bertahan tanpa makan daripada tanpa minum. Bisa lebih cepet mati karena kehausan gengs.

Banyak daerah bahkan negara yang mengalami krisis air. Faktanya jumlah air tawar sangat sedikit dibanding jumlah air di bumi gengs. Kebanyakan lautan yang airnya asin dan gak bisa diminum. Air tawar juga semakin sedikit yang bersih.

Kekeringan parah (stocksy.com)

Salah satu negara yang mengalami krisis air adalah tetangga kita Timor Leste. Hingga mereka menggunakan teknologi yang unik untuk mendapatkan air bersih. Megubah sinar matahari menjadi air gengs. Hem... gimana nih caranya???

Mereka pakai teknologi yang dinamakan 'Source' yang berarti 'sumber'. Di desa Akrema di pulau terpencil Atauro ada 40 hidropan berderet, miring ke langit, lalu melakukan proses tertentu untuk menghasilkan air bersih.

Source ini adalah alat yang dirancang oleh perusahaan Amerika Zero Mass gengs. Bisa menghasilkan air minum berkualitas tinggi murni dari sinar matahari dan udara.

Gak pake listrik, teknologi ini menggunakan energi matahari untuk membentuk kondensasi di panel, yang secara perlahan mengumpulkan dan mengalirkan selang ke desa di bawahnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"