Kedubes AS Yerusalem Tempati Wilayah 'No Man's Land'

Kedubes AS Yerusalem Tempati Wilayah 'No Man's Land'

Kedubes Amerika Serikat (AS) untuk Israel telah diresmikan pada Senin (14/5/2018) kemarin. Tetapi ternyata, bangunan itu berdiri di lokasi yang janggal, yakni di daerah yang disebut 'No Man's Land', Yerusalem.

Disebut janggal karena daerah itu memiliki denah yang tak biasa akibat pembagian tanah saat konflik dan pertikaian Arab-Israel berlangsung pada 1948 silam. Dan situs letak kedutaan besar AS yang baru menempati sudut barat daya yang awalnya punya luas wilayah tak sebesar kini. 

Kompleks itu sebelumnya adalah Government House yang dibangun tahun 1933 sebagai kantor Komisaris Tinggi Inggris saat memerintah Palestina dulu. Semenjak Inggris mengakhiri pemerintahannya di Palestina pada 14 Mei 1948, kompleks itu diserahkan kepada Palang Merah. 

Perang pun pecah persis pada tanggal tersebut. Israel mendeklarasikan kemerdekaan dan negara-negara Arab menyatakan perang terhadap Israel. Sementara itu, kompleks yang menempati daerah tersebut ditujukan sebagai tempat perlindungan pengungsi dari perang yang berkecamuk.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"