Kebiasaan-Kebiasan yang Bikin Kita Jadi Pakai Kacamata

Kebiasaan-Kebiasan yang Bikin Kita Jadi Pakai Kacamata

Jaman begini makin banyak aja kebiasaan manusia yang berubah. Ya kan kita jadi dituntut untuk jadi tau banyak hal tuh. Ditambah lagi, teknologi makin canggih aja dari hari ke hari.

Nah, teknologi mangkin memanjakan kita. Terus kalo keasikan, kita jadi lupa deh sama beberapa kondisi kesehatan. Mata misalnya.

Jadi sebenernya, kita juga perlu hati-hati nih gengs sama kesehatan mata kita. Makanya kita mau ngulas kebiasaan-kebiasaan yang bikin kita jadi pakai kacamata. Catet ya.

Kebiasaan yang gak baik nih mantengin layar dalam ruangan gelap (videohive.net)

Kebiasaan 1: Terlalu lama di depan layar barang-barang elektronik.

Ngabisin waktu di depan layar komputer, smartphone, tv, atau radio (eh, gak ada layarnya ding). Nah, benda-benda canggih itu sebenernya yang bikin mata kita jarang berkedip.

Itu juga tergantung kontennya sih, hayo.... Padahal berkedip juga punya fungsi. Minimal mata kita bisa bersih karena berkedip. Lagian, berkedip kan juga bisa mengistirahatkan mata.

Tuh, siapa yang kebiasaan kayak begini? (tech.co)

Di luar itu, ini adalah kebiasaan pertama yang bikin kita jadi pakai kacamata gengs. Kurangin aja intensitasnya deh.

Kebiasaan 2: berlama-lama menggunakan lensa kontak

Pakai lensa kontak terlalu lama tuh bikin udara gak bisa menyentuh mata kita. Mata kita perlu oksigen juga kali buat bernapas.

Kelamaan menggunakan lensa kontak alias softlense bisa juga bikin kornea membengkak gengs. Aduh, kalo udah begitu, risiko kena keratitis dan infeksi mata jadi lebih memungkinkan tuh.

Pake softlens juga bisa bikin pake kacamata juga ternyata (topsante.com)

Kebiasaan 3: Keseringan mengucek mata

Iya bener, keseringan mengucek mata tuh bahaya juga. Padahal butuh juga sih, tapi sesekali aja gengs.

Soalnya, ada risiko munculnya infeksi mata serta timbulnya alergi conjunctivis tuh. Jadi aktivitas yang keliatannya sepele ini bisa menyebabkan keratoconus terjadi.

Kurangin kebiasaan mengucek mata ya gengs (shutterstock.com)

Keratoconus adalah fenomena ketika menipis dan berubahnya bentuk kornea amta. Ini dia nih yang bikin seseorang jadi rabun. Kan bahaya gengs.

Kebiasaan 4: kurang tidur!

Buat kalian yang tidurnya kurang, hati-hati juga nih. Mata kita ternyata juga bisa tegang. Ketegangannya terjadi karena waktu tidur kita kurang.

Tidurlah barang 6 sampe 8 jam per hari. Kalo kita tidur, niscaya, kelelahan mata kita berkurang. Begitu juga halnya dengan badan kita yang butuh istirahat, kan?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"