Kata Penelitian, Orang yang Otaknya Lebih Encer Punya Tanda-Tanda Ini (Bagian 1)

Kata Penelitian, Orang yang Otaknya Lebih Encer Punya Tanda-Tanda Ini (Bagian 1)

Menurut kalian, cerdas tuh gimana sih? Jago matematika? Jago bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya? Jago debat? Nilainya paling tinggi di kelas? IQ-nya tinggi?

Hmm, itu baru sebagian sih, dan belum tentu begitu. Kalian harus tau bahwa definisi 'kecerdasan' gak sesempit itu. Ada banyak , dan gak sebatas soal mengolah angka aja.

Ngomong-ngomong soal kecerdasan juga gak melulu soal IQ sih, meski emang berkaitan mutlak dengan kemampuan otak seseorang. Terus, apa aja sih faktor yang menandakan seseorang memiliki otak encer?

Seperti dikutip dari LiveStrong via Merdeka.com, kata penelitian, orang yang otaknya lebih encer punya tanda-tanda ini. Simak deh.

#1 Selera humornya bagus

#1 Selera humornya bagus Selera humor kalian bagus! (medicalnewstoday.com)

Jika orang-orang di sekeliling kalian menganggap kalian orang yang lucu atau kocak, mungkin kalian dianugerahi kecerdasan yang tinggi gengs.

Psikolog Dr. Danielle Forshee pernah menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang diperlukan untuk memproduksi humor. Dua di antaranya adalah inteligensi kristal dan inteligensi cair.

Inteligensi kristal, menurutnya, adalah pengetahuan yang berasal dari pendidikan formal dan pengalaman hidup seseorang. Sementara inteligensi cair adalah akses materis yang bertentangan atau nyaris tak berhubungan.

Menurut Forshee, sebuah lelucon sederhana pun membutuhkan akses, pemeliharaan, dan perpaduan ide serta informasi yang bertentangan. Menarik nih~

#2 Biasanya sih pengguna kacamata

#2 Biasanya sih pengguna kacamata Biasanya mereka pada pake kacamata (blog.glassesetc.com)

Jurnal Nature Communication pernah mempublikasikan sebuah penelitian dari Universitas Edinburgh, Skotlandia. Penelitian itu tentang analisis data kognitif dan genetik lebih dari 300 ribuan orang antara usia 16 hingga 102.

Dari studi itu, sekitar 30 persen orang yang lebih cerdas lebih mungkin untuk memiliki gen yang membuat mereka perlu pakai kacamata. 

Gen ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti fungsi kognitif umum, periode reaksi, dan sejumlah variabel kesehatan lain. Mulai dari penglihatan, hipertensi dan umur panjang, dan lain-lain.

Kalian pake kacamata gak?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"