Kamu Wajib Tahu, Begini Cara Bedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Kamu Wajib Tahu, Begini Cara Bedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Ikan cupang menjadi ikan yang populer selama pandemi COVID-19. Banyak orang memelihara dan mengoleksi ikan yang bersifat agresif. Pamor ikan cupang kembali meroket bahkan ada yang menjual ikan yang ditemukan pertama kali di perairan air tawar Asia Tenggara ini bernilai sangat mahal.

Bagi kamu penyuka ikan cupang, sudah tahu belum cara membedakan ikan cupang jantan dan betina? Ikan cupang jantan dan betina bisa dibedakan dengan beberapa cara, tentunya dari bentuk organ tubuh cupang tersebut.

1. Warna

Warna yang lebih cerah biasanya identik dengan ikan cupang jantan, sementara ikan cupang betina berwarna tidak seterang jantan karena lebih kusam dan gelap pada bagian tubuh ikan.

Ikan Cupang (Tempo.co)

2. Garis pada Tubuh

Ikan cupang yang memiliki garis vertikal pada tubuhnya adalah jenis betina. Cupang betina muncul garis vertikal pada masa siap kawin sementara ikan cupang jantan tak muncul garis veritikal. Cupang betina yang siap kawin berusia 3-4 bulan.

3. Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh ikan cupang betina lebih pendek dibandingkan cupang jantan. Hal ini bisa dilihat dari bentuh tubuh cupang yang panjang dari ujung mulut sampai bagian ekor.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"