Kalian Bakal Ngerasa Lebih Hidup Deh Kalo Bisa Tembus Gaokao

Kalian Bakal Ngerasa Lebih Hidup Deh Kalo Bisa Tembus Gaokao

Sumpah, kalian bakal ngerasa lebih hidup deh kalo bisa tembus Gaokao. Tapi, apa sih Gaokao itu?

Gaokao adalah sebuah ujian masuk perguruan tinggi. Konon, ujian ini adalah yang paling sulit di dunia. Gaokao sendiri juga ditakuti banyak pelajar di China gengs.

Tapi kenapa juga disebut sebagai ujian paling mengerikan di dunia? Seperti dikutip dari IDN Times, ini dia beberapa alasan kenapa hidup kalian jadi lebih hidup kalo bisa tembus Gaokao!

1. Pengawasannya ketat bangets!

1. Pengawasannya ketat bangets! Gaokao pengawasannya tuh ketat banget loh (chinadaily.com.cn)

Ujian masuk perguruan tinggi di sini aja tergolong susah ya. Nah, kalo Gaokao di China bisa berkali-kali lipat tuh susahnya.

Di sini, ada aja cara pelajar untuk membuat contekan. Tapi kalo pelajar di China mau nyontek susah banget. Ya, pengawasannya ketat banget, super-ketat malah! Ada polisi pengawas dan kamera CCTV yang memantau di setiap ruangan ujian.

Belom lagi pendeteksi logam biar ketahuan kalo ada kecurangan lewat alat elektronik.

Tahun 2016 lalu, ada pelajar kedapatan melakukan kecurangan. Sangsinya bahaya banget gengs. Pelajar itu dimasukkan ke dalam bui karena nyontek. Selama 7 tahun! Idih!

2. Soalnya gak cuma pilihan ganda doang

2. Soalnya gak cuma pilihan ganda doang Ujian ini ngeri banget katanya ... hii~ (scmp.com)

Ujian masuk perguruan tinggi umumnya punya soal model pilihan ganda ya. Gaokao juga ada kok. Tapi ... ada soal lainnya dalam model esai yang akan menguras tenaga kamu buat mikir.

Soal esai ini dibuat untuk menguji kreativitas calon mahasiswa. Temanya berupa pengetahuan umum, logika, hipotesis, serta kemampuan berpikir para peserta ujian. Duh~

Contoh soalnya begini ... "Bagaimana Thomas Alva Edison akan bereaksi terhadap ponsel jika dia datang ke abad 21?" Gitu tuh contoh soal Gaokao 2013 lalu.

3. Timbulkan kasus bunuh diri pelajar

3. Timbulkan kasus bunuh diri pelajar Siapa sangka, saking kerasnya ujian ini sampe ada yang bunuh diri (thoughtco.com)

Gaokao adalah ujian penting, tapi susah banget! Gak bisa nyontek, soalnya susah, kalo gagal ya gak masuk perguruan tinggi favorit dong.

Nah, tekanan para peserta Gaokao sangat besar. Hal ini juga yang menyebabkan tingkat bunuh diri pelajar di China tinggi gengs. Terlebih kasus bunuh diri karena gagal dalam ujian Gaokao.

China Youth Daily melaporkan, tahun 2013 lalu ada seorang pelajar perempuan berusia 20 tahun bunuh diri karena gagal ujian ini untuk kedua kalinya. Pelajar itu meninggalkan surat permohonan maaf karena telah mengakhiri hidupnya.

Padahal hari itu, ibunya menunggu kabar hasil ujian Gaokao putrinya. Sedih banget ya gengs, ibunya malah dapet kabar duka. Dari putrinya pula.

Sementara tahun 2017 lalu, seorang pelajar juga bunuh diri pada hari pertama penyelenggaraan Gaokao. Bahkan cuma beberapa saat sebelum ujian itu dimulai. Pelajar itu diduga mengalami stres karena terpaksa mengulang masa sekolah untuk mendapatkan hasil yang baik dalam ujian berikutnya.

4. Orang tua juga ikut berkorban

4. Orang tua juga ikut berkorban Orang tua juga ikut berkorban demi kelancaran ujian (deseretnews.com)

Jelang hari H ujian, para peserta harus dibuat nyaman. Mereka yang ujian tuh kayak bakal berhadapan dengan Mike Tyson di ring tinju gitu gengs. Ya, mereka emang harus rileks sebelum ujian dimulai.

Maka dari itu, para orang tua sampe rela mengeluarkan banyak uang biar anak-anaknya nyaman. Salah satu caranya dengan tinggal di hotel nyaman yang ada di sekitar lokasi ujian. Orang tua mereka juga memilih kamar yang tenang biar pada fokus belajarnya.

Para orang tua itu memesan hotel dari dua hingga tiga bulan sebelum Gaokao dimulai. Semua ini dilakukan agar anak mereka mendapatkan universitas terbaik.

5. Cuma sekitar 200 ribu peserta aja yang biasanya tembus

5. Cuma sekitar 200 ribu peserta aja yang biasanya tembus Dari puluhan juta yang ikut, cuma sekian persen aja yang tembus gengs~ (chinadaily.com.cn)

Dalam hal pendidikan, China emang juara banget deh. Pelajarnya pinter-pinter gengs. Dan nggak mudah bersaing dengan para pelajar dari China. Mental mereka udah terasah banget, meski gagal sekali pun.

Tahun 2019 ini, sekitar 10 juta pelajar China tercatat mengikuti Gaokao. Dan dari 10 juta peserta itu, cuma sekitar ... 2000 ribu peserta aja yang diterima di universitas bergengsi di sana.

Negara ini emang sangat menjunjung prestasinya. Makanya, jutaan pelajar yang masih belom tembus Gaokao memilih untuk mengulang Gaokao di tahun berikutnya. Daripada gak diterima di universitas terbaik.

Itulah dia alasan-alasan kenapa Gaokao menjadi ujian tersulit di dunia. Mulai dari soal sampe pengawasan ketat membuat para pelajar jadi berusaha ekstra keras. Karena itu juga, hidup mereka bakal lebih hidup kalo bisa tembus Gaokao.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"