Kalau Kamu Sering Salah Ambil Keputusan, Mungkin Inilah Beberapa Alasannya

Kalau Kamu Sering Salah Ambil Keputusan, Mungkin Inilah Beberapa Alasannya

Pada dasarnya, nggak ada keputusan yang buruk. Tapi sayangnya, nggak sedikit orang yang menghadapi dengan cara yang salah. Sebagian memutuskan sesuatu tanpa berpikir panjang, sebagian lagi terlalu banyak pertimbangan untuk mengambil keputusan hingga akhirnya terlambat. Kedua hal ini yang berisiko bikin menyesal di kemudian hari.

Kadang dampak dari keputusan itu begitu luar biasa hingga bikin kamu mikir, gimana bisa itu terjadi? Sebenarnya, ada penjelasan soal kenapa seseorang bisa mengambil keputusan yang nggak rasional. Beberapa faktor juga berperan dalam terjadinya hal yang nggak diinginkan ini. Terus, apa aja sih faktornya?

1. Terlalu Optimis

https://www.pexels.com/

Jadi orang optimis itu baik, dalam pengambilan keputusan, tingkat optimis juga harus realistik. Yang berbahaya ketika terlalu optimis dalam mengambil keputusan adalah cenderung mengabaikan risiko yang mungkin terjadi dari sebuah keputusan, dan terlalu meyakinkan diri bahwa hal buruk tidak akan terjadi. Bahayanya, ketika hal buruk terjadi, orang yang terlalu optimistis cenderung nyalahin faktor internal orang lain.

2. Mental Shortcut



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"