Kalau Bisa Jangan Sampaikan Kalimat Ini ke Keluarga Mendiang yang Sedang Berduka

Kalau Bisa Jangan Sampaikan Kalimat Ini ke Keluarga Mendiang yang Sedang Berduka

Biasanya saat kita pergi melayat, apalagi untuk orang yang sangat kita kenal, kita berusaha untuk memberi hiburan atau dorongan semangat kepada keluarganya. Niatnya agar mereka segera terlepas dari kesedihan dan kembali menjalani hidup.

Namun kadang hasilnya malah terbalik. Orang yang kalian beri semangat malah semakin mengalami kesedihan, kebingungan, atau malah kemarahan. Penyebabnya adalah kalimat yang kalian sampaikan. Apa saja sih yang sebaiknya tidak diucapkan saat melayat gengs?

1. "Aku tahu perasaanmu."

1. "Aku tahu perasaanmu." Jangan ucapkan kalimat ini saat melayat (medium.com)

Misalnya saja dia kehilangan salah satu anggota keluarga. Kamu tidak bisa mengucapkan kalimat ini karena kamu tidak akan tahu segala perjuangan dan kenangan mereka. Untuk menghiburnya kamu bisa ucapkan kalimat seperti, "aku juga pernah merasakan saat kehilangan seseorang yang kusayangi. Kamu bisa cerita kepadaku kapan pun kamu mau." 

2. "Dia sekarang berada di tempat terbaik."

2. "Dia sekarang berada di tempat terbaik." Jangan ucapkan kalimat ini saat melayat (markvroegop.com)

Kalimat ini mungkin terdengar seperti bisa menenangkan. Tapi kamu juga harus tahu kalimat ini bisa berartikan ambigu. Bagaimana seseorang bisa merasa senang mendengar orang yang disayanginya berada di tempat terbaik? Padahal situasinya sekarang sedang menyakitkan. Terkadang kalimat ini hanya memaksakan seseorang untuk segera menerima kepergian orang yang dicintai.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"