Jokowi Cerita Alasan Kaesang Nikah di Pura Mangkunegaran, Bukan di Gedung Graha Saba Buana Miliknya

Jokowi Cerita Alasan Kaesang Nikah di Pura Mangkunegaran, Bukan di Gedung Graha Saba Buana Miliknya

Presiden Jokowi menghadiri pertemuan atau rapat terakhir sebelum Kaesang menikah dengan Erina Gudono yang nantinya akan dilakukan pada 10 Desember 2022 di Yogyakarta dan 11 Desember 2022 di Solo, Jawa Tengah. Untuk resepsi akan dilakukan bukan di Gedung Graha Saba Buana melainkan di Pura Mangkunegaran.

Kepada wartawan di Solo, Jokowi yang memiliki Gedung Graha Saba Buana mengungkapkan alasan kenapa Kaesang dan Erina tidak menikah di gedung tersebut. Sebab dua anak Jokowi sebelumnya yakni Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu menikah di gedung tersebut. Bahkan adik Jokowi, Idayati saat menikah dengan Anwar Usman dilakukan di gedung itu.

“Karena gedung kita (Graha Saba Buana-red) dipakai. Dulu Gibran dan Kahiyang pakai gedung itu tapi sudah di-booking orang lain. Kita nggak bisa,” ujar Jokowi. Jokowi pun enggan meminta orang yang sudah menyewa gedung itu untuk memindahkan tempat atau tanggal acara dan memberikan kepada Kaesang. “Masa mentang-mentang gedung sendiri langsung disuruh pindah,” jelas Jokowi dilansir dari YouTube Berita Surakarta.

Jokowi Cerita Alasan Kaesang Nikah di Pura Mangkunegaran, Bukan di Gedung Graha Saba Buana (Pikiran Rakyat)

Gedung Graha Saba Buana  merupakan sebuah gedung serba guna yang berlokasi di kawasan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah. Nama tempat ini melejit karena diketahui dimiliki oleh Presiden Jokowi. Beberapa pernikahan keluarga Jokowi pun pernah dilangsungkan di lokasi tersebut. Berikut fakta unik gedung tersebut

Gedung Graha Saba Buana berdiri pada tahun 2002. Kala itu Jokowi masih belum menjadi Wali Kota Solo. Kebetulan saat itu ayah tiga anak ini masih menjadi pengusaha mebel yang cukup sukses. Lokasi gedung juga dekat dengan kediaman Jokowi.

Gedung itu sengaja diberikan Jokowi untuk istrinya, Iriana. Tujuannya agar Iriana memiliki aktivitas di luar rumah. Maksudnya Iriana memang diminta Jokowi untuk mengurus berbagai hal soal gedung tersebut. Gedung ini memang sangat cocok dijadikan venue pernikahan karena memiliki luas sekitar 4.000 meter persegi dengan daya tampung 2.000 orang. Makanya banyak warga di Solo dan sekitarnya memilih gedung itu untuk lokasi pernikahan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"