Jenis Vaksin COVID-19 yang Akan Disuntikan untuk Anak Berusia 5-11 Tahun

Jenis Vaksin COVID-19 yang Akan Disuntikan untuk Anak Berusia 5-11 Tahun

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikan beberapa waktu lalu menyebut pihaknya sedang menunggu uji kelayakan beberapa vaksin untuk disuntikan kepada anak-anak sebagai pencegahan COVID-19 .

Budi menyebut beberapa jenis vaksin itu antara lain adalah Sinovac, Sinopharm, dan Pfizer. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan masih menunggu hasil  uji klinis ketiga vaksin yang sebelumnya sudah pernah disuntikan kepada remaja, dewasa, dan lansia.

“Untuk emergency use authorization sekarang sedang bekerja sama dengan BPOM untuk memastikan bahwa kita bisa mengeluarkan izin sesegera sesudah di negara asal ketiga vaksin itu bisa digunakan untuk anak-anak berusia 5-11 tahun,” kata Budi di kanal YouTube Kementerian Kesehatan.

Vaksin Sinovac (CNBC Indonesia)

Jika memang nantinya anak-anak berusia 5-11 tahun bisa disuntik vaksin dengan tiga jenis vaksin tadi, Budi menargetkan proses vaksinasi akan berlangsung pada tahun 2022 mendatang. “ Kalau sudah keluar uji klinis bisa mulai awal tahun depan,” harap Budi. 

Vaksinasi untuk anak-anak dirasa perlu karena saat ini banyak anak-anak di Indonesia yang sudah melakukan mobilisasi di luar rumah, mulai dari belajar tatap muka di sekolah hingga mendatangi mall atau tempat bermain lainnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"