Jalan Kaki Cepat Bikin Panjang Umur?

Jalan Kaki Cepat Bikin Panjang Umur?

Jalan kaki cepat bikin kita panjang umur? Beneran nih? Kata siapa?

Kecepatan jalan kaki orang berbeda-beda. Ada yang woles aja, ada juga yang cepat. Meski misalnya menuju pada titik yang sama, jalan kaki cepat tuh emang lebih mempersingkat waktu sih.

Tapi nggak cuma itu gengs, ternyata jalan kaki cepat tuh bisa bikin panjang umur loh. Beneran nih?

Jalan kaki cepat bikin pajang umur gengs (unsplash.com)

Hal ini senada dengan hasil penelitian yang diterbitkan dalam Mayo Clinic Journal dari Mayo Clinic Proceedings. Seperti dikutip dari Kompas.com, dalam studi tersebut, peneliti merekrut 475 ribu peserta. Hasilnya, orang-orang yang berjalan kaki dengan kecepatan yang lebih justru bakal punya harapan hidup lebih lama.

Hal ini bahkan berlaku untuk semua orang, baik yang berat badannya ideal atau yang kegemukan.

Harapan hidup kita bakal lebih tinggi (shutterstock.com)

Mereka yang punya kecepatan jalan kaki tinggi diperkirakan bisa hidup hingga usia 86-87 tahun untuk wanita. Sementara untuk pria bisa hidup hingga 85-86 tahun. 

Terus gimana yang jalan kakinya lebih lambat? Ya, rata-rata harapan hidup mereka hingga usia 72 tahun aja untuk wanita. Untuk pria hingga usia 64 tahun aja gengs. Di samping itu, orang kurus dengan langkah berjalan lambat ternyata memiliki harapan hidup yang paling rendah. 

"Ini berbeda dengan asumsi yang sering mengklaim obesitas sebagai risiko kematian terbesar," kata Tom Yates, pemimpin riset tentang jalan kaki cepat ini.

Panjang umurnya signifikan loh gengs (shutterstock.com)

Maka dari itu, peneliti pun menyarankan agar kita menyadari pentingnya jalan kaki. Begitu pula dengan meningkatkan kecepatan langkah kaki kita. Toh, jalan kaki juga termasuk olahraga sederhana yang bisa kita lakukan kapan aja dan di mana aja kan.

Kita bisa mendapat segudang manfaat dengan jalan kaki selama 30 menit sehari. Kita akan dijauhkan dari gejala varises, risiko penyakit kronis menurun, dan suasana hati kita akan meningkat. Kita juga bakal lebih kreatif.

Lagian sehat juga kok jalan cepet, jalan kalian gimana? (ordnancesurvey.co.uk)

Yang penting nih, jalan kaki aja bisa menurunkan berat badan kok. Jalan kaki cepat juga akan melancarkan sistem pencernaan dan memperkuat otot paha dan betis.

Jadi, secepat apa sih jalan kaki kalian?Biar panjang umur, coba deh tingkatkan kecepatan jalan kaki kalian.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"