Jahat Banget! Seorang Gadis Kulit Hitam Diberi Makanan Layaknya Hewan Dalam Kebun Binatang

Jahat Banget! Seorang Gadis Kulit Hitam Diberi Makanan Layaknya Hewan Dalam Kebun Binatang

Di tengah upaya meleburkan dunia melalui teknologi dan ekonomi, sebuah penghalang kuat bernama rasisme berdiri tegak. Tak hanya zaman sekarang, seperti yang dilakukan pemerintahan Trump, akar rasisme sudah sangat dalam menghujam ke tanah Eropa. Asal mula penjajahan kulit putih ke berwarna.

Sebuah penemuan mengejutkan berupa foto dari tahun 1958 menunjukan tindakan rasisme tersebut. Di dalamnya nampak seorang gadis berada di dalam kandang kayu yang buruk, sementara orang kulit putih berdiri mengelilingi pagar sambil memberi makan ke anak gadis.

Seakan-akan foto itu adalah bukti adanya kebun binatang yang penghuninya justru manusia. Lebih spesifik lagi adalah manusia dengan kulit berwarna. Dalam kasus ini adalah seorang gadis kecil kulit hitam dari Afrika.

Gadis kulit hitam dipajang layaknya kebun binatang manusia (dailymail.co.uk)

Praktik tak manusiawi ini seperti ingin menunjukan kalau manusia adalah orang kulit putih dengan peradaban mereka. Sedangkan di luar mereka bukanlah manusia, lebih halus lagi belum berevolusi secara sempurna.

Namun pada mulanya tidak seperti yang terjadi. Kebun binatang manusia ini sejatinya adalah proyek eksibisi antropologi untuk menunjukan kehidupan masyarakat primitif termasuk peradaban mereka. Mulai dari tempat tinggal, cara bertahan hidup, dan sebagainya.

Proyek pertunjukan semacam ini populer pada masanya. Jika foto gadis di atas tadi bertempat di Belgia, beberapa foto di bawah nanti di ambil dari acara serupa di Amerika Serikat yang menampilkan suku primitif Filipina, di Jerman dengan suku asal Afrika, sedangkan di Brussel tadi menampilkan masyarakat tradisional Kongo.

Gadis kulit hitam dipajang layaknya kebun binatang manusia (dailymail.co.uk)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"