Inilah Kisah Smoky, Anjing Kecil yang Dikenang Sebagai 'Superhero' saat Perang Dunia II

Inilah Kisah Smoky, Anjing Kecil yang Dikenang Sebagai 'Superhero' saat Perang Dunia II

Banyak tokoh penting dalam sejarah Perang Dunia II. Kita bisa mengingat nama-nama mereka entah sebagai 'pahlawan' atau mungkin penjahat perang. Tapi, kamu pernah denger gak nama Smoky?

Smoky ini jelas bukan manusia. Dia adalah seekor anjing kecil yang berjasa juga saat Perang Dunia II. Yap, mungkin dialah satu-satunya anjing yang ikut perang di wilayah Pasifik.

Perang Dunia II sendiri pecah pada tahun 1939. Mulanya terjadi invasi Jerman di bawah Nazi kala itu, ke Polandia.

Smoky, si anjing kecil yang jadi superhero di Perang Dunia II (huffpost.com)

Pendudukan itu membuat geram sejumlah negara di Eropa. Inggris dan Prancis kemudian menyatakan perang terhadap Jerman.

Perang ini kemudian merembet ke mana-mana. Beberapa negara pun jadi ikut ambil bagian. Ada blok Sekutu yang terdiri dari Inggris, Prancis, Rusia, China, dan Amerika Serikat (AS). Sementara lawannya adalah blok Poros yaitu Jerman, Italia, dan Jepang.

Perang Dunia II sendiri berakhir pada tahun 1945. Perang ini juga dinyatakan sebagai yang paling parah yang pernah terjadi di dunia. Apalagi sejak bom atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang.

Nah, dari seluruh cerita tentang Perang Dunia II itu, kisah Smoky si anjing kecil juga menarik perhatian nih. Smoky bahkan jadi terkenal saat perang besar tersebut.

Smoky adalah anjing peliharaan seorang kopral tentara AS bernama Bill Wynne.

Waktu itu, Smoky dibeli oleh Bill di Papua Nugini tahun 1944. Smoky dibeli seharga 6,44 dollar AS gengs. 

Smoky dibeli oleh Bill Waynne di Papua Nugini (nationalgeographic.com)

Smoky adalah anjing yorkshire terrier kecil. Dia jadi terkenal karena selalu dibawa bertugas ke medan perang oleh Bill.

Smoky bahkan mengikuti 150 serangan udara dan 12 misi tempur yang harus dilancarkan Bill bersama pasukannya selama perang berkecamuk. 

Apalagi Bill dan pasukan AS lainnya menempati wilayah Pasifik. Banyak daerah di Pasifik kala itu dikuasai oleh Jepang, termasuk Asia Tenggara dan Indonesia juga.

Suatu kali, Smoky jadi anjing kecil yang paling berjasa karena berhasil membimbing Bill. Smoky seolah-olah membawa Bill ke tempat yang aman saat pengeboman dilakukan oleh tentara Jepang.

Nggak cuma itu gengs. Smoky ternyata juga membantu melakukan pekerjaan lain. Misalnya memasang kabel telepon yang berguna banget untuk menyelamatkan penerbangan selama perang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"