Inilah Dewi Kumari, Manusia Setengah Dewa Beneran yang Disembah Orang-orang di Nepal

Inilah Dewi Kumari, Manusia Setengah Dewa Beneran yang Disembah Orang-orang di Nepal

Percaya gak percaya ... beberapa kepercayaan kuno masih ada sampe sekarang. Padahal, kepercayaan itu telah udah berusia tua banget, tapi masih beriringan sama kemajuan jaman yang kita rasakan sekarang.

Kita juga bisa lihat sendiri kok contohnya di Indonesia. Banyak kepercayaan kuno yang gak pernah termakan jaman. Termasuk kepercayaan kuno tentang menjadikan seorang manusia sebagai Tuhan.

Kepercayaan kuno yang mau kita ulas ini berada di Nepal. Di sana ada seorang perempuan yang disembah banyak orang. Dia adalah manusia setengah dewa yang diyakini sebagai sumber kekuatan kerajaan dan sumber perlindungan.

Dewi Kumari, manusia setengah dewa beneran (welcomenepal.com)

Manusia setengah dewa ini adalah Dewi Kumari. Dia adalah pilar spiritual para penganutnya di Nepal, juga India.

Dewi Kumari sendiri berarti 'perawan'. Dia disembah banyak orang di seluruh Nepal. Manusia setengah dewa merupakan keturunan Dewi yang dipercaya masyarakat Nepal sejak Dinasti Mara pada abad ke-16 silam.

Dewi Kumari diwarisi secara turun temurun juga. Dia bahkan disembah oleh umat Hindu dan Buddha di Nepal. Dalam kitab suci Hindu, dia adalah inkarnasi dewi kebijaksanaan dan simbol kekuasaan.

Meski turun temurun, Dewi Kumari dipilih dengan sangat ketat. Sang Dewi harus berasal dari keluarga Shakyam dari Buddha Shakyamuni. Mereka juga tinggal di antara dua sungai suci di Kathmandu, yaitu Sungai Bagmati dan Sungai Vistutti.

Perempuan yang terpilih jadi Dewi Kumari juga harus terlahir polos. Tanpa noda. Dia memiliki 32 kebijaksanaan. Pokoknya, dia bisa dibilang bakal setara dengan seorang raja.

Mereka adalah gadis yang terpilih setelah melewati tes ketat (pri.org)

Selain itu, Sang Dewi juga gak boleh takut kegelapan. Dia harus berada di ruangan yang sama dengan kepala domba dan kepala kerbau. Kedua kepala hewan itu digunakan untuk pengorbanan. Hal ini dilakukan untuk menghabiskan malam dengan tujuan membuktikan bahwa dia gak takut kegelapan.

Panitia seleksi akan memberikan serangkaian tes kepada gadis-gadis itu. Rangkaian tes itu sangat ketat, jadi nantinya akan terpilih seorang gadis dengan kemampuan manusia setengah dewa. Dia juga akan menjadi orang yang penuh kebijaksaan.

Kalo udah terpilih, gadis itu akan meninggalkan kehidupan normal sebagai manusia. Dia akan tinggal di Kuil Kumari sepanjang hari. Hidupnya bakal langsung jadi seorang Dewi yang dimuliakan.

Ada aturan-aturannya juga nih. Setiap hari sebelum jam 7 pagi, dia harus berpakaian dan mengenakan pakaian Kumari. Begitu jam 9 pagi, dia akan duduk di tahta emas dan menerima penyembahan dari umat mulai dari jam 12 sampe jam 4 sore.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"