Inilah Aksi Bakar Diri yang Disebut Bunuh Diri Paling Terkenal dalam Sejarah, Pelakunya Dihormati Dunia

Inilah Aksi Bakar Diri yang Disebut Bunuh Diri Paling Terkenal dalam Sejarah, Pelakunya Dihormati Dunia

Bakar diri bukanlah hal yang sepele. Ini adalah aksi yang luar biasa mengerikan. Tapi siapa sangka, aksi bakar diri yang satu ini disebut bunuh diri paling terkenal dalam sejarah. 

Kok bisa? Gimana ceritanya?

Aksi bakar diri itu dilakukan oleh seorang biksu asal Saigon, Vietnam. Biksu itu merupakan salah seorang pengunjuk rasa ketika rezim Vietnam selatan kala itu menerapkan kebijakan anti-Buddha.

Ilustrasi biksu di Vietnam (unsplash.com)

Padahal ... kala itu ada 70-90 persen umat Buddha di Vietnam bagian selatan kala itu. Kebijakan ini jelas diprotes umat Buddha kala itu, termasuk biksu-biksu.

Nah, salah satu biksu yang memprotes penerapan anti-Buddha di Vietnam selatan saat itu adalah Thich Quang Duc. Tapi, biksu yang satu ini mengambil langkah ekstrem dengan melakukan bakar diri.

Bukan tanpa tujuan, aksi bakar diri ini merupakan sebentuk komunikasi. Biksu ini mencoba menghentikan penindasan terhadap umat Buddha di Vietnam selatan kala itu.

Thich Quang Duc mengambil tempat di tengah keramaian. Kemudian dia mengambil bahan bakar, menyiram ke seluruh badannya, dan mulai membakar dirinya. Aksi bakar dirinya pun dilakukan dengan tenang dalam posisi duduk teratai.

Momen sebelum Thich Quang Duc dibakar (allthatsinteresting.com)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"