Inilah 5 Teori yang Sebut Dayak adalah Nenek Moyang Beberapa Suku di Madagaskar

Inilah 5 Teori yang Sebut Dayak adalah Nenek Moyang Beberapa Suku di Madagaskar

Suku Dayak memang terkenal akan berbagai keunikannya. Mulai dari tradisi, adat istiadat, hingga kesaktiannya. Keunikan budaya inilah yang membuat Indonesia semakin kaya.

Keunikan budaya tersebut membuat banyak peneliti asing rela datang ke Tanah Dayak untuk mempelajari mereka. Bahkan salah satu penelitian menyebutkan bahwa Suku Dayak adalah nenek moyang beberapa suku di Madagaskar.

Wah, padahal jarak Tanah Dayak di Pulau Kalimantan dengan Pulau Madagaskar tuh jauh banget. Namun berdasarkan penelitian, ada salah satu daerah di pesisir Afrika sana yang nenek moyangnya diduga berasal dari Suku Dayak.

Biar gak penasaran, inilah 5 teori yang sebut Dayak adalah nenek moyang beberapa suku di Madagaskar.

#1 Terdapat kemiripan bahasa

#1 Terdapat kemiripan bahasa Apakah Suku Dayak adalah nenek moyang suku-suku di Madagaskar? (indonesia.go.id)


Suku Dayak yang kita ketahui saat ini berasal di Pulau Kalimantan. Nah, beberapa peneliti pernah menemukan bahwa beberapa suku yang da di Madagaskar ternyata punya hubungan dengan Suku Dayak loh.

Terutama dalam hal kemiripan bahasa. Bahasa Madagaskar yang disebut juga sebaga Malagasi, ternyata 90% mirip dengan bahasa Suku Dayak Maanyan.

Hal ini menjadi sebuah hipotesis kalo penduduk dan beberapa suku yang berada di Afrika Timur itu berasal dari tanah Kalimantan. Beberapa penelitian juga membuktikan adanya DNA orang-orang Madagaskar yang berasal dari Indonesia.

Ada yang menyebut keturunan Bugis dan Jawa. Tapi yang paling kuat adalah teori kalo mereka berasal dari Suku Dayak.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"