Ini Lho Ringkasan Sejarah Revolusi Industri Pertama Sampe 4.0

Ini Lho Ringkasan Sejarah Revolusi Industri Pertama Sampe 4.0

Dear Paragengs, kalian tau kan kalo Pemilihan Umum (Pemilu) tuh dilaksanakan sebentar lagi? Nah, semalam kita udah menyaksikan debat calon presiden (capres) episode kedua gengs setelah bulan Januari lalu.

Dalam debat capres yang semalam digelar di Jakarta, kedua capres membahas Revolusi Industri 4.0 gengs. Tema ini cukup populer, tapi ternyata masih banyak orang yang bingung atau gak paham apa itu revolusi industri dan kok tiba-tiba udah 4.0 aja? Kapan 1.0-nya?

Untuk itu, kali ini Paragram mau mencoba membahas sejarah Revolusi Industri yang jadi salah satu materi debat capres semalam. Kita akan bahas ringkasannya aja, karena bisa jadi buku kalo mau dibahas sejarahnya dari 1.0 sampe 4.0. Hehehe.

Kuy lah, y x g q

#1 Revolusi Industri 1.0

#1 Revolusi Industri 1.0 Revolusi industri pertama terjadi karena ditemukan mesin uap (thoughtco.com)

Revolusi industri 1.0 berarti revolusi industri yang pertama kalinya terjadi dalam sejarah peradaban manusia. Istilah itu muncul sekitar tahun 1750 silam gengs. Di tahun-tahun itu, terjadi perubahan secara besar-besaran dalam bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, hingga teknologi.

Revolusi itu bermula ketika mesin tenaga uap berhasil dikembangkan untuk membantu para pekerja, terutama di Eropa. Mesin-mesin itu niscaya menggantikan tenaga manusia dan hewan untuk meningkatkan kemampuan produksi gengs. Canggih yak!

Perubahan ini memiliki dampak besar terhadap kondisi ekonomi, sosial, dan budaya dunia kala itu. Sejarah pun mencatat bahwa revolusi ini berhasil menaikkan perekonomian dunia selama dua abad berikutnya.

#2 Revolusi Industri 2.0

#2 Revolusi Industri 2.0 Revolusi Industri kedua terjadi setelah ditemukan listrik (pouted.com)

Karena generasi pertama disebut 1.0, maka generasi keduanya jelas 2.0 lah ya. Hehehe. Nah, kalo revolusi industri 2.0 ini terjadi pada akhir abad ke-19 hingga awal abad 20. Persisnya jelas dua abad setelah generasi pertama revolusi industri gengs.

Pada masa itu, seperti ditulis dalam laman APICS.org, listrik mulai menggantikan tenaga uap dan air. Listrik mulai dijadikan sumber daya utama di bidang industri apa saja. Listrik pun dianggap lebih mudah digunakan untuk mengoperasikan mesin ketimbang air atau uap.

Semua terjadi setelah listrik dan/atau lampu ditemukan(eloquentensembles.com)

Hal ini juga didorong setelah listrik ditemukan serta motor pembakaran dalam (combustion chamber). Produk-produk yang tercipta setelahnya adalah telegram, pesawat telepon, mobil, pesawat terbang, dan masih banyak lainnya.

Di samping berbagai produk yang lebih mutakhir lagi di jaman itu, Revolusi Industri 2.0 juga memicu perkembangan sejumlah program manajemen yang meningkatkan efisiensi dan efektivitas fasilitas manufaktur.

Hasilnya, peningkatan produktivitas jadi bertambah berkali-kali lipat!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"