Ini Dia Profil Budi Gunadi yang Gantikan Posisi Terawan sebagai Menteri Kesehatan

Ini Dia Profil Budi Gunadi yang Gantikan Posisi Terawan sebagai Menteri Kesehatan

Baru hari ini, muncul isu reshuffle kabinet untuk mengganti beberapa posisi menteri. Kabar itu muncul setelah pertemuan empat mata yang dilakukan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'Aruf Amin di Istana hari ini Selasa 22 Desember 2020.

Menurut berbagai informasi, ada setidaknya 6 kursi menteri yang akan diganti oleh Presiden Jokowi. Posisi-posisi itu antara lain: Menteri Sosial, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Agama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Menteri Kesehatan.

Potret Budi Gunadi Sadikin

# Sosok Budi Gunadi Sadikin Digadang-Gadang Akan Menggantikan Terawan

Perombakan kabinet ini kemudian membawa nama Budi Gunadi Sadikin. Ia digadang-gadang akan menggantikan posisi Terawan sebagai Menteri Kesehatan.

Sebelum isu reshuffle berembus. Pandu Riono, pakar epidemiologi Universitas Indonesia malah telah menyampaikan pendapatnya soal sosok Budi Gunadi di akun Twitternya @drpriono1.

"Budi Gunadi Sadikin punya visi & semangat atasi Pandemi secepatnya. Kesal pd kinerja kemenkes & Satgas. Budi layak jadi MENKES yg baru, ia punya cita2 16 juta vaksinasi dilakukan sebulan. Menkes tidak perlu dokter untuk mereformasi manajemen & sistem kesehatan publik yg lumpuh," tulis Pandu pada Minggu, Desember 2020.

# Profil dan Perjalanan Budi Gunadi

Latar belakang Budi diketahui bukan berasal dari dunia medis dan kedokteran. Namun, Budi bukanlah nama baru di jajaran pemerintahan. Berikut adalah perjalanan karier Budi Gunadi:

1. Lulusan Fisika Nuklir

Budi merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Fisika Nuklir. Ia menyelesaikan pendidikan sarjananya pada tahun 1988. 

Kemudian pada tahun 2004, ia mendapat sertifikasi sebagai Chartered Financial Consultant (CHFC) dan Chartered Life Underwriter (CLU) dari Singapore Insurance Institute. 

2. Direktur Utama Bank Mandiri



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"