Ini Dia Deretan Fakta Ilmiah Kenapa Cewek Hidup Lebih Lama daripada Cowok

Ini Dia Deretan Fakta Ilmiah Kenapa Cewek Hidup Lebih Lama daripada Cowok

Pernah nggak terpikir kenapa cewek kok bisa hidup lebih lama daripada cowok? Simak deh fakta-fakta ilmiahnya.

Di jaman yang sebegini cepatnya berubah, kalian pasti udah nggak akan kaget lagi dengan laporan bahwa jumlah perempuan lebih banyak dari laki-laki. Tapi, apa kalian tau kalo ternyata perempuan emang punya kecenderungan berusia lebih panjang dibanding laki-laki?

Seperti dikutip dari IDN Times, berdasarkan data terbaru CDC, rata-rata laki-laki di Amerika Serikat hidup hingga usia 86, sementara perempuannya hanya mencapai angka 81. Sementara indeks HALE WHO menunjukkan bahwa rata-rata usia sehat laki-laki Amerika Serikat tanpa penyakit atau cedera mayor adalah 67 tahun, sementara perempuan bisa mencapai 70 tahun.

Nah, berdasarkan pemaparan yang kedua itu, berarti kebanyakan perempuan punya pertahanan tubuh lebih kuat gitu daripada laki-laki? Kenapa bisa begitu?

Biar nggak penasaran, coba kalian simak dulu nih beberapa fakta-fakta ilmiahnya.

1. Testosteron adalah faktor utamanya

1. Testosteron adalah faktor utamanya Hmm ... iya iya iya (goalcast.com)

Kenapa cewek bisa hidup lebih lama ketimbang cowok? Hal ini bisa dijelaskan berdasarkan hormon testosteron, hormon seks yang identik dengan laki-laki. Menurut Kyung Jin Min, seorang profesor Ilmu Biologi dari Inha University, Korea Selatan, testosteron bisa menurunkan fungsi imun dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Estrogen lebih protektif

2. Estrogen lebih protektif Beda sama cewek, secara hormon lebih kuat (huffpost.com)

Menurut Perminder Sachdev, seorang profesor neuropsikiatri dari University of New South Wales, Australia, hormon estrogen malah bersifat lebih protektif karena peran antioksidan yang dimilikinya.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Endocrinology tahun 2013 lalu juga menemukan bahwa estrogen bisa mencegah kerusakan DNA yang dapat berkembang menjadi penyakit tertentu.

3. Memang kodratnya perempuan

3. Memang kodratnya perempuan Perempuan melahirkan, laki-laki tidak (healthline.com)

Masih menurut Sachdev, hal yang membuat seorang perempuan lebih lama hidup ketimbang laki-laki adalah karena perempuan melahirkan. Laki-laki tidak.

Bagaimanapun juga, kehadiran seorang ibu lebih penting daripada sang ayah. Kuat atau tidaknya tubuh perempuan sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup anak yang dikandung atau telah dilahirkan. Hmm ....

4. Peran ibu

4. Peran ibu Cowok emang selalu jadi "anak mama" ya, hehehe (momtastic.com)

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, tubuh perempuan telah berevolusi untuk bertahan dan bangkit kembali dari trauma fisik kehamilan dan persalinan. Hal itu merupakan kelebihan lain yang tidak dimiliki laki-laki.

Belum lagi, tuntutan untuk menyusui anak yang telah dilahirkan juga hal yang tidak dimiliki laki-laki, tapi laki-laki mengalami proses tersebut.

5. Gaya hidup

5. Gaya hidup Gaya hidup cowok dan cewek juga beda kan pastinya (longevitytimes.com)

Gaya hidup ternyata juga besar perannya dalam kelangsungan hidup. Gaya hidup kan tudah nggak terbatas lagi pada gender tuh. Kebiasaan seperti merokok, minum alkohol, hingga obesitas dilakukan oleh kedua jenis kelamin. Meski emang lebih banyak dilakukan laki-laki.

Nah, kurang sehatnya pola hidup itu bisa berdampak pada kesehatan serta angka harapan hidup. Makanya banyak perempuan yang bisa hidup lebih lama daripada laki-laki.

6. Lebih berani ambil risiko

6. Lebih berani ambil risiko Tuh, ngapain coba? Tapi keren sih ... (iheartberlin.de)

Nah ini nih ... laki-laki selalu punya tendensi untuk mengambil risiko yang mengancam jiwanya ketimbang perempuan. Laki-laki lebih sering terlibat dalam adu fisik, perkelahian, kontak senjata, bahkan kecelakaan kendaraan. Faktor banget nggak sih ini?

7. Tidak segera mencari pertolongan

7. Tidak segera mencari pertolongan Yang penting nggak nyepelein kesehatan deh gengs (vyvanse.com)

Pertolongan yang dimaksud dalam poin ini sebenernya penting, tapi laki-laki sering abai akan hal ini. Misalnya, ketika kalian mengalami gejala gangguan fisik, kalo perempuan pasti lebih cepat untuk melakukan pemeriksaan dan mencari pertolongan medis. 

Sementara laki-laki ... lebih sering abai deh akan hal ini hingga mencapai tahap yang dirasa amat mengganggu. Bahkan ada juga yang baru meminta pertolongan medis ketika kondisinya telanjur parah.

Di sisi lain, laki-laki relatif lebih tidak patuh aturan bila harus menjalani perawatan atau mengonsumsi obat tertentu sesuai anjuran. Hayo ... bener nggak nih?

Maka, itulah dia beberapa fakta ilmiah kenapa perempuan bisa hidup lebih lama ketimbang laki-laki. Coba pikirin lagi deh.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"