Ini Dia Alasan Kenapa Pilot dan Co-Pilot Gak Boleh Menyantap Makanan yang Sama

Ini Dia Alasan Kenapa Pilot dan Co-Pilot Gak Boleh Menyantap Makanan yang Sama

Dalam sebuah penerbangan, dibutuhkan seorang pilot dan setidaknya satu co-pilot. Pilot dan co-pilot tak hanya bertugas mengemudikan pesawat. Mereka berdua juga harus bisa memastikan bahwa penerbangan akan terus selamat sampai tujuan. 

Nah, karena tugas dan tanggung jawab yang besar tersebut, mereka tidak diperbolehkan untuk makan makanan yang sama selama penerbangan. Alasannya simple. Agar tak terjadi keracunan makanan di saat bersamaan selama terbang.

Jadi, jika sesuatu yang tak beres pada makanan dan salah satu dari mereka tak bisa menjalankan tugas. Masih ada pilot lain yang bisa mengambil alih penerbangan. 

Pilot dan co-pilot (travel.detik.com)

# Tak Ada Aturan Khusus dari Federal Airlines Administration

Mengutip Travel and Leisure, sebenarnya tak ada aturan khusus yang resmi keluar dari Federal Airlines Administration (FAA) tentang makanan pilot dan co-pilot. Namun karena dirasa penting, sebagian besar maskapai penerbangan memilih membuat kebijakan sendiri tentang menu makanan pilot dan co-pilot.

Tak hanya dilarang memakan makanan yang sama. Pilot juga tak diperbolehkan makan makanan mentah seperti sushi atau sashimi saat atau sebelum penerbangan. Tujuannya agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"