Hidup Jadi Lebih Tenang, Ini 4 Alasan Perlu Menghindari Utang

Hidup Jadi Lebih Tenang, Ini 4 Alasan Perlu Menghindari Utang

Memang apa sih alasan perlu menghindari utang? Kenapa para ahli finansial tidak menyarankan peminjaman uang kecuali untuk hal yang urgent atau benar-benar pasti? Lalu bagaimana dengan sistem kredit yang tujuannya untuk meringankan pembayaran?

Faktanya, ada banyak alasan kamu perlu menghindari utang. Salah satunya adalah ketenangan hidup. Berutang adalah cara instan untuk mendapatkan uang saat kondisi sedang darurat. Tapi jangan keseringan, sebab berutang bisa menimbulkan ketergantungan.

Berutang adalah awal munculnya bahaya. Jika sudah menumpuk dan tagihannya membengkak, maka terkadang semua barang yang kamu miliki, termasuk rumah, harus rela dijual demi melunasi utang-utang tersebut. Nah, agar tidak terjadi hal demikian. Coba cek beberapa alasan berikut ini agar kamu terhindar dari utang.

1. Khawatir Menjadi Kebiasaan

Alasan Perlu Menghindari Utang (via Republika)

Berutang itu bersifat ketergantungan. Jika dibiarkan, maka kamu akan menggampangkan soal keuangan karena merasa bisa berutang. Padahal hal tersebut termasuk salah satu bukti bahwa kamu tidak bertanggungjawab atas keuanganmu sendiri.

Jika meminjam uang dalam posisi darurat dan mendesak, tentu saja diperbolehkan. Tapi dengan catatan, uang yang dipinjam harus segera dikembalikan. Bahkan dalam budaya dan kepercayaan manapun, utang adalah kewajiban yang dibawa sampai mati. Jadi jangan dijadikan kebiasaan ya.

2. Terhindar dari Stres



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"