Hati-Hati, Ini Dia 7 Daerah Indonesia yang Bakal Diserang Panas Ekstrem

Hati-Hati, Ini Dia 7 Daerah Indonesia yang Bakal Diserang Panas Ekstrem

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan jika akan ada 7 daerah di Indonesia yang bakal mengalami panas ekstrem hingga di akhit tahun 2023. Wilayah ini sendiri bakal terjadi di bagian selatan khatulistiwa.

"Sebagian besar wilayah Indonesia bagian selatan khatulistiwa, prediksinya akan mengalami hujan yang sangat kecil, kecuali spot-spot yang memiliki topografi tinggi," kata Plt Deputi Bidang Klimatologi BMKG Ardhasena Sopaheluwakan dalam CNBC Indonesia dikutip Senin (2/10/2023).

Ardhasena menjelaskan bila kondisi kekerangan esktrem ini bakal terjadi hingga Oktober 2023. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya fenomena El Nino, yakni  fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah.

Ilustrasi panas ekstrem (via kompas)

Pemanasan SML ini membuat pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah mengalami minim curah hujan.

Lantas, mana saja daerah yang akan mengalami panas ekstrem di penghujung 2023? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Sumatera bagian tengah

2. Sumatera bagian Selatan

3. Riau bagian Selatan

4. Jambi

5. Lampung

6. Banten

7. Jawa Barat

Ardhasena meminta supaya masyarakat bisa waspada atas fenomena ini karena bisa berujung terjadinya gagal panen. 

Itu sebabnya, pihak BMKG meminta kepada Pertanian RI untuk melakukan segala upaya mengingat wilayah pertanian banyak tersebar di wilayah Jawa Barat dan akan terkena dampak El Nino yang cukup hebat.

"Jawa Barat ini banyak sawah, kalau mereka terkena dampak El Nino yang cukup parah, maka harus melakukan langkah siaga, seperti mengelola air hujan, atau memanen air hujan seperti di Sulawesi Tengah." tuturnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"