Gus Dur Tahu Orang yang Bicara dengannya Sedang Berbohong, Ini Cerita dari Mantan Asisten Pribadi

Gus Dur Tahu Orang yang Bicara dengannya Sedang Berbohong, Ini Cerita dari Mantan Asisten Pribadi

Mantan asisten pribadi Abdurrahman Wahid alias Gus Dur  yang bernama Gus Muwafiq mengenang banyak hal tentang sosok Gus Dur yang cukup lama ia damping. Gus Muwafiq yang berambut gondrong itu menceritakan pengalaman menarik selama menjadi asisten pribadi Presiden ke-4 Indonesia.

Melansir dari channel YouTube NU Online, Gus Muwafiq mengatakan bahwa Gus Dur adalah pribadi yang tidak pernah memikirkan soal uang. “Gus Dur itu kelebihannya banyak. Kemana-mana dia nggak pernah bawa uang,” jelas Gus Muwafiq.

Gus Dur pun percaya ada saja orang yang berbaik hati dengannya ketika melakukan aktivitas di luar rumah. Misalnya memberikan makanan atau rezeki tanpa Gus Dur minta. “Dia selalu dapat uang, kalau pun dapat uang pasti diberikan semuanya kepada orang yang membutuhkan, tolong kamu antar ke mana, berikan kepada siapa, saya juga pernah dikasih,” kenang Gus Muwafiq.

Gus Dur Tahu Orang yang Bicara dengannya Sedang Berbohong (tvOne)

Gus Munawaig menambahkan sosok ayah Yenny Wahid itu sangat baik hati. Bahkan Gus Dur tidak bisa melihat yang namanya penderitaan. Jika ada orang yang mengemis meminta bantuan, Gus Dur akan memberikan bantuan, meskipun Gus Dur tahu jika orang itu telah berbohong kepadanya.

“Gus Dur tahu kalau ada tamu atau orang bicara bohong dengannya, tapi beliau diman saja. Dia bilang kalau tugas orang itu memang berbohong dan tugas Gus Dur memberi bantuan,” kata Gus Muwafiq terkagum-kagum dengan kepribadian Gus Dur.

Hal senada juga pernah diketahui oleh rekan Gus Muwafiq yakni Kiai Hanif Ismail. Kiai Hanif mengatakan Gus Dur juga pernah ditipu oleh orang asal Malaysia yang mengaku kenal dengan kakek Gus Dur, KH. Hasyim Asyari. “Setelah kenal, orang itu sering pinjam uang kepada Gus Dur,” bilang Kiai Hanif.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"