Gak Sulit Kok! Begini Cara Mengompos Sampah Organik Sendiri di Rumah

Gak Sulit Kok! Begini Cara Mengompos Sampah Organik Sendiri di Rumah

Pengomposan adalah proses penguraian bahan organik seperti daun dan sisa makanan menjadi tanah. Ini cara yang bagus untuk mendaur ulang sisa-sisa dari tanaman di halaman dan dapur kamu sekaligus memperkaya tanah di taman kamu, meningkatkan retensi air, dan melindungi dari erosi.

Meskipun kedengarannya rumit, membuat kompos sangat sederhana dan merupakan hobi yang menyenangkan dan bermanfaat.

Apa itu Pengomposan?

Bak berisi Sampah organik yang bisa dikompos (kompas.com)

Kompos adalah sejenis bahan organik yang dapat kamu tambahkan ke tanah untuk membantu tanaman tumbuh. Untuk membuatnya, kamu perlu mengumpulkan bahan-bahan alami yang biasanya kamu buang, seperti sisa makanan, dedaunan, dan sisa pekarangan, dan membiarkannya membusuk seiring waktu.

Ada beberapa alasan mengapa Kamu harus mempertimbangkan membuat kompos di rumah. Mereka termasuk:

• Mengurangi limbah. Pengomposan memungkinkan kamu mendaur ulang sisa-sisa dapur alih-alih membuangnya, sehingga mengurangi limbah makanan dan membantu meminimalkan dampak terhadap lingkungan.

• Memperkaya tanah. Kompos membantu tanah mempertahankan lebih banyak kelembapan dan nutrisi. Ini juga mencegah erosi dengan memecah tanah yang padat.

• Menurunnya kebutuhan akan pupuk sintetik. Tidak seperti kebanyakan pupuk sintetis, kompos bebas dari bahan kimia berbahaya dan menambahkan bahan organik ke tanah kamu.

Apa yang Bisa Kamu Buat Kompos?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"