Gak Nyangka, Ternyata Bahasa Indonesia Dilahirkan di Pulau Kecil Ini ...

Gak Nyangka, Ternyata Bahasa Indonesia Dilahirkan di Pulau Kecil Ini ...

Kalo kamu orang Indonesia, kamu perlu tau di mana lokasi lahirnya bahasa Indonesia. Gak nyangka deh kalo ternyata bahasa Indonesia dilahirkan di pulau kecil ini. Tau di mana?

Bahasa Indonesia ternyata lahir di Pulau Penyengat. Pulau kecil ini hanya berjarak 2 kilometer dari Kota Tanjungpinang, ibukota Provinsi Kepulauan Riau. Pulau Penyengat emang kecil banget, luasnya sekitar 2.000 x 850 meter aja.

Pulau kecil ini ternyata menjadi tempat lahirnya bahasa Indonesia (mojok.co)

Menurut Raja Farul, anggota Kelompok Sadar Wisata Pulau Penyengat, pulau kecil ini bahkan nggak kelihatan di peta. Tapi istimewanya, pulau ini adalah tempat dilahirkannya bahasa Indonesia.

Sebelumnya, pulau kecil ini menjadi pusat pertahanan Kerajaan Riau, Johor, Pahang, dan Lingga. "Kemudian pulau ini menjadi pusat pemerintahan yang dipimpin oleh tuan muda dan tuan besar, kemduian pulau ini menjadi tempat penulisan kesusastraan," ungkap Raja Farul dalam konferensi pers Travel Virtual Heritage 2020, Jumat (9/10/2020) lalu.

Tur virtual itu mengajak peserta jalan-jalan ke abad ke-19 guna menelusuri masa penulisan dan kesastraan di pulau tersebut. Tur dimulai dengan mengunjungi Masjid Raya Sultan Riau dan melihat peran pemerintahan kerajaan pada masa itu. 

Semua ini demi meningkatkan kecerdasan masyarakat di samping menambah wawasan sejarah kita.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"