Gak Banyak yang Tahu, Berikut 4 Guru Spiritual yang Punya Jasa Besar di Kehidupan Bung Karno

Gak Banyak yang Tahu, Berikut 4 Guru Spiritual yang Punya Jasa Besar di Kehidupan Bung Karno

Sebagai pemimpin bangsa, sosok Bung Karno tentu menginspirasi banyak orang. Cara berpikirnya yang tak biasa, dan jiwa kepemimpinannya memang tak diragukan lagi. Itu pula yang membuatnya dihormati dan disegani tak hanya oleh rakyat Indonesia, tapi juga bangsa lain.

Meskipun begitu, untuk sampai pada kedudukannya sebagai orang nomor satu di Indonesia. Tentu ada proses panjang yang harus dilewati. Ia tentu saja banyak belajar berbagai ilmu tak hanya dari buku tapi juga dari sosok guru yang menginspirasi.

Di bawah ini adalah 4 sosok guru spiritual Bung Karno yang menginspirasi hidupnya dan berhasil membawanya jadi presiden pertama Indonesia.

1. Raden Mas Panji Sosrokartono

Sosok Raden Mas Panji Sosrokartono (id.quora.com)

Raden mas Panji Sosrokartono adalah kakak kandung Radeng Ajeng Kartini. Ia merupakan wartawan Perang Dunia I yang menguasai puluhan bahasa asing.

2. H.O.S Tjokroaminoto

Hadji Oemar Said Tjokroaminoto adalah idola sekaligus panutan Bung Karno. Soekarno yang saat itu masih berusia 15 tahun memang tinggal di dumah Tjokroaminoto bersama dengan Semaoen dan Kartosoewirjo.

Tjokroaminoto konon yang punya pengaruh besar pada Bung Karno dalam berpolitik. Kala itu Tjokroaminoto memang pernah menjabat sebagai ketua umum Sarekat Islam Indonesia. Organisasi pertama penggagas kemerdekaan Indonesia.

3. Datuk Mujib



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"