Foto Lawas Soekarno Saat Jenguk Ki Hajar Dewantara, Diberikan Pesan Terakhir

Foto Lawas Soekarno Saat Jenguk Ki Hajar Dewantara, Diberikan Pesan Terakhir

Foto mantan Presiden Soekarno atau Bung Karno saat menjenguk Ki Hajar Dewantara beredar beberapa waktu lalu. Soekarno menjenguk Ki Hajar Dewantara sekitar bulan April 1959. Kondisi Ki Hajar Dewantara kala itu sudah sangat lemah karena cuma bisa terbaring di tempat tidur.

Dalam foto tersebut Soekarno terlihat mengobrol dengan Ki Hajar Dewantara. Soekarno sangat dekat dengan Ki Hajar Dewantara. Mereka berdua sering melakukan diskusi terkait pendidikan di Indonesia. Makanya ketika Soekarno datang wajah Ki Hajar Dewantara terlihat sangat gembira.

Dilansir Instagram @media perjadulan, Ki Hajar Dewantara sempat menangis karena mereka mengobrol membahas sahabat Ki Hajar Dewantara, Dokter Tjiptomangunkusumo dan Setiabudi Douwes Dekker. Saat berbincang dengan Soekarno Ki Hajar Dewantara sempat menangis haru.

Foto Soekarno Saat Jenguk Ki Hajar Dewantara (Instagram @perjadulanxmedia)

Ki Hajar Dewantara sembari menangis langsung memegang tangan Soekarno. Ki Hajar Dewantara berpesan kepada Soekarno sebagai Presiden Indonesia tentang Indonesia. Ki Hajar Dewantara menitipkan Indonesia pada Soekarno, khususnya pada pendidikan yang harus jadi perhatian Soekarno sesuai fungsi pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Ki Hajar Dewantara mendirikan Sekolah Taman Siswa di Yogyakarta. Soekarno menjadikan Taman Siswa sebagai Sekolah dengan Berkepribadian Nasional. Banyak tokoh-tokoh besar lulusan Taman Siswa seperti Benyamin S Ateng, sutradara Sjumandjaja, Rano Karno, dan beberapa tokoh besar di Indonesia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"