Fakta Mencengangkan! Ibu Soekarno Gak Pernah Masuk Istana Selama Anaknya Jadi Presiden

Fakta Mencengangkan! Ibu Soekarno Gak Pernah Masuk Istana Selama Anaknya Jadi Presiden

Ida Ayu Nyoman Rai adalah ibu Soekarno. Ternyata selama putranya menjadi presiden pertama Indonesia, Ida Ayu dikabarkan tidak pernah masuk ke dalam Istana Merdeka, Jakarta tempat tinggal Soekarno dan keluarga sejak tahun 1949. Kenapa ya Ida Ayu tidak masuk ke istana?

Seorang ahli sejarah Soekarno bernama Roso Daras yang juga menulis banyak buku tentang Soekarno menjelaskan alasan Ida Ayu tidak pernah masuk ke istana. Faktor pertama karena usia Ida Ayu yang sudah tua. Diketahui saat Soekarno menjadi presiden usia Ida Ayu sekitar 64 tahun. Hal itu pernah ia tanyakan kepada orang yang pernah tinggal di kediaman Ida Ayu di Blitar, Jawa Timur.

Dilansir dari detiknews Soekarno memang melarang Ida Ayu masuk ke istana jika tidak memiliki urusan yang sangat penting. Bahkan jika Ida Ayu ingin bertemu dengan Soekarno, ayah Megawati Soekarnoputri ini memilih untuk pulang ke Blitar dibandingkan sang ibu yang harus datang ke Jakarta.

Ibu Soekarno (Grid.ID)

Bahkan tidak hanya Soekarno yang melarang Ida Ayu datang ke istana, sebab ia juga meminta agar saudara kandungnya tidak sering-sering datang ke istana. Hal itu pernah terjadi ketika kakak Soekarno, Raden Soekarmini atau disebut Bu Wardoyo datang ke istana bersama pengusaha dan meminta proyek kepada adiknya.

Tentu maksud dan tujuan itu membuat Soekarno marah dan melarang keluarganya datang ke istana untuk meminta-minta proyek apalagi datang bersama pengusaha. Soekarno memang sebagai presiden mencoba untuk membrantas hal-hal terkait korupsi, kolusi, dan nepotisme atau KKN.

Soekarno sangat menjaga sikap selama menjadi presiden. Apalagi jika ada tudingan-tudingan negatif dari lawan politik yang menyebut dirinya dan keluarga melakukan KKN. Sosok Ida Ayu memang sangat penting dalam hidup Soekarno. Ida Ayu dikenal sebagai bangsawan asal Singaraja, Bali.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"