Flexing dalam Pandangan Islam, Ini Bahaya Pamer Harta di Media Sosial

Flexing dalam Pandangan Islam, Ini Bahaya Pamer Harta di Media Sosial

Belakangan ini flexing menjadi tren di dunia maya. Istilah ini merujuk pada aktivitas pamer harta yang dilakukan oleh sejumlah public figure di media sosial. Beberapa orang yang kerap menunjukkan kekayaannya pada publik antara lain adalah Indra Kenz dan Doni Salmanan . Lalu bagaimana pandangan Islam terkait hal ini?

Dalam berbagai sumber, flexing memiliki kemiripan dengan dua sifat yang tidak disukai Allah, yaitu riya dan takabur. Keduanya sama-sama identik dengan kegiatan membanggakan diri yang jelas-jelas dilarang dalam Islam.

Hukum Flexing Menurut Islam (via Pikiran Rakyat)

Riya adalah ketika seseorang melakukan perbuatan baik dengan harapan mendapat pujian dari manusia lain. Sedangkan orang yang takabur biasanya menganggap dirinya paling benar dan menolak semua hal baik yang disampaikan orang lain.

Menurut Ustaz Ahmad Khan, sebagaimana dilansir dari Detik, kedua sifat tersebut hukumnya haram dan tergolong sebagai syirik kecil. Sebagaimana disampaikan dalam berbagai ayat, syirik adalah salah satu dosa besar yang sangat dibenci Allah SWT.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"