Faktor-Faktor Penyebab Orang Berbohong: Ini Seperti Kasus Rangga Sunda Empire yang Katanya Dilindungi Internasional

Faktor-Faktor Penyebab Orang Berbohong: Ini Seperti Kasus Rangga Sunda Empire yang Katanya Dilindungi Internasional

Kalau bicara Sunda Empire kek keinget nama clan di game Clash of Clans ya, tapi ini adalah kekaisaran loh gengs, jangan main-main kalian wkwkw.

Apaan sih Sunda Empire itu? Kenapa heboh?

Kalau kata wikipedia, Kekaisaran Sunda, atau dengan nama lengkapnya Sunda Empire - Earth Empire adalah sebuah perkumpulan yang mendasarkan diri pada romantisisme sejarah pada masa lalu, di mana mereka mencita-citakan kerajaan Sunda akan kembali menjadi besar sebagaimana pada masa Tarumanegara. Mereka mengklaim bahwa mereka adalah kekaisaran yang besar antara bumi dan matahari. 

Gerakan ini bermula hanya sebatas pada sosial media yang kemudian akhirnya terbentuk secara nyata dan viral setelah akun Facebook dari seseorang yang diduga anggota dari Sunda Empire bernama Renny Khairani Miller melakukan unggahan status yang membuat geger pengguna Facebook. 

Di unggahan tersebut, ia menulis tentang keberadaan Sunda Empire dengan melampirkan beberapa foto orang yang menggunakan seragam militer.

Beberapa klaim yang bikin heboh

Petinggi Sunda Empire, Rangga Sasana mengklaim banyak hal-hal yang tidak masuk akal seperti Pentagon di Amerika Serikat dan Perserikatan Bangsa-Bangsa berasal dari Bandung. Rangga juga memberikan pernyataan kontroversial bahwa Sunda Empire mampu menyelamatkan bumi dan menghentikan perang nuklir. 

Dia juga menyatakan Jack Ma dan Bill Gates akan bergabung dengan Sunda Empire. Ia juga mengaku bahwa wilayah Nusantara bukan hanya Indonesia saja, tetapi juga mencakup 54 negara yang membentang dari Australia hingga Korea. Waduh!

Nah ini jelas di sebut-sebut oleh beberapa tokoh seperti Roy Suryo adalah sebuah kebohongan yang menyesatkan. Lah gimana gak, petingginya Raden Rangga Sasana menjelaskan kebohongan itu dengan wajah yang yakin dan tanpa ragu.

Kenapa sih bisa kayak gitu, adakah faktor-faktor penyebab orang berbohong kayak gitu? Ya pasti ada, berikut penjelasannya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"