Enggak Pakai Drama, Ini 6 Cara Menagih Utang yang Efektif

Enggak Pakai Drama, Ini 6 Cara Menagih Utang yang Efektif

Apakah kamu sedang bingung mencari cara menagih utang yang efektif dan enggak pakai drama? Faktanya, meminta pembayaran utang merupakan hal yang tidak menyenangkan apalagi jika yang berutang merupakan temanmu sendiri. Padahal itu kan hak kamu sendiri, ya?

Namun menagih utang terkadang diperlukan untuk mengelola keuangan pribadi atau bisnis dengan baik. Jika kamu sedang mengalami sulitnya menagih utang, berikut adalah beberapa langkah efektif yang bisa kamu lakukan dalam proses menagih utang agar uangmu kembali tanpa banyak drama.

1. Buat Rencana

Cara Menagih Utang yang Efektif (via Masjid Jami Al Barokah)

Disadari atau tidak, menagih pembayaran utang ternyata perlu ketenangan, serta tak bisa bisa dilakukan dengan terburu-buru. Jika kamu melakukannya tanpa rencana, hasilnya juga takkan maksimal, apalagi jika pengutang adalah orang yang suka berkilah atau playing victim.

Karenanya, sebelum menghubungi pihak yang berutang, yaitu temanmu, buatlah rencana yang terperinci. Tetap tenang dan tetap profesional selama proses ini. Hindari melakukan ancaman atau perilaku yang mengintimidasi.

2. Komunikasi yang Efektif



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"