Dipercaya Sebagai Penentu Kecocokan Pasangan, Beginilah Cara Menghitung Weton Sebelum Menikah

Dipercaya Sebagai Penentu Kecocokan Pasangan, Beginilah Cara Menghitung Weton Sebelum Menikah

Menikah adalah momen sakral, karena itu pertimbangan yang dilaksanakan sebelum menikah menjadi hal yang kompleks, begitu banyak hal yang ditinjau, meliputi bibit, bobot dan bebet. Tetapi pada adat jawa masih harus ditambah satu pertimbangan lagi yakni weton.

Berkaitan dengan urusan pernikahan, weton Jawa digunakan sebagai petunjuk untuk menentukan hari penyelenggaraan proses pernikahan yang tepat. Weton sendiri didapat dari hari kelahiran masing-masing mempelai beserta pasaran hari lahirnya.

Masalahnya, tidak semua orang Jawa paham dengan proses penghitungan weton, melainkan hanya segelintir orang saja yang paham dan menerapkan tradisi ini. Penasaran dengan cara menghitung weton? yuk cek penjelasan berikut ini tentang cara menghitung weton sebelum menikah.

1. Hitung jumlah neptu

https://asset-a.grid.id/

Langkah pertama kamu harus menghitung neptu dari hari kelahiranmu juga pasanganmu. Sebagai contoh wetonmu Senin Pon jadi 4+7= 11, sedangkan weton pasanganmu Selasa Kliwon 3+8=11. Dengan begitu, jumlah wetonmu dengan pasangan adalah 11+11= 22.

2. Cocokkan dengan tabel primbon.

Setelah menjumlahkan neptu dengan pasangan mu, cocokkanlah dengan primbon. Tiap angka memiliki makna tersendiri. Misal jumlah weton kamu dan pasanganmu adalah 22. hal ini masuk kategori Topo yang bermakna di awal pernikahan mengalami kesulitan tapi akan mendapat kebahagiaan di akhir. Terdapat delapan kategori weton beserta maknanya seperti sebagai berikut.

Sujanan: jumlah neptu ini adalah 7, 16, 25, dan 34. Pasangan ini bakal mengalami pertengkaran dan perselingkungan dari satu atau dua belah pihak.

Pegat: Jumlah neptunya adalah 1, 10, 19, dan 28. Pasangan ini bakal mengalami banyak masalah dari sisi ekonomi, kekuasaan, atau perselingkuhan hingga mengakibatkan perceraian.

Ratu: Jumlah neptunya adalah 2, 11, 20, dan 29. Weton ratu adalah idaman setiap orang yang akan menikah, karena pasangan ini berjodoh dan bakal disegani serta dihormati lingkungannya. Bahkan, diramalkan banyak orang yang iri dengan keharmonisan mereka.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"