Dikenal Antik dan Estetik, Ini Sejarah Keramik dari Masa ke Masa

Dikenal Antik dan Estetik, Ini Sejarah Keramik dari Masa ke Masa

Pembahasan tentang sejarah keramik memang terbilang cukup panjang. Pasalnya, material ini sudah dikenal sejak zaman kuno, bahkan beberapa produknya dianggap sebagai peninggalan sejarah. Bahkan hingga era modern seperti sekarang, penggunaannya semakin populer dengan pengalikasikan yang semakin beragam dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini, keramik sudah dikenal dalam bentuk kerajinan tangan hingga material bangunan. Kualitasnya pun sudah diakui oleh dunia sebagai salah satu bahan dengan durabilitas tinggi. Memang seperti apa sih perjalanan keramik dari masa ke masa? Berikut ulasannya sebagaimana dilansir dari berbagai sumber!

Apa Itu Keramik?

Apa Itu Keramik? Sejarah Keramik (via IDN Times)

Keramik pada dasarnya bukan produk baru, melainkan sudah dikenal setidaknya sejak ratusan tahun yang lalu. Masyarakat Yunani kuno menyebut produk ini dengan istilah keramikos atau keramo. Jika diartikan, keramikos berarti tembikar, yaitu produk rumah tangga atau material yang menggunakan tanah liat yang dibakar dengan suhu tinggi.

Keramik sendiri adalah seni dan teknik pembuatan barang dari tanah liat yang telah dipanaskan secara tinggi. Sejarah keramik dapat ditelusuri kembali ribuan tahun ke masa prasejarah, dan telah menjadi bagian penting dari kebudayaan manusia di seluruh dunia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"