Diburu Polisi, Inilah 7 Akun Sosial Media yang Beri Komentar Miring dan Tak Senonoh soal Tenggelamnya KRI Nanggala-402

Diburu Polisi, Inilah 7 Akun Sosial Media yang Beri Komentar Miring dan Tak Senonoh soal Tenggelamnya KRI Nanggala-402

Kepolisian Republik Indonesia mengusut tujuh akun media sosial yang diduga membuat komentar negatif terhadap gugurnya 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402. Dua di antaranya merupakan akun anonim.

"Dua akun tersebut akun anonymous sebanyak dua yang ditindaklanjuti dengan pengajuan pemblokiran kepada Kemenkominfo. Sedangkan lima sisanya dilakukan pengusutan," ujar Dirsiber Bareskrim Brigjen Slamet Uliandi, Senin (26/4/2021) kemarin.

Kepolisian tengah mengusut lima akun yang bukan anonim dari tujuh laporan yang diterima. 

Pertama adalah akun Facebook bernama Fajarnnzz. Akun tersebut dimiliki seorang polisi bernama Fajar Indriawan. Kasus ini ditangani oleh Subdit 1 Dittipidsiber Bareskrim Polri dengan koordinasi Polda DIY.

"Rencana penyidik akan koordinasi dengan Paminal Mabes untuk bersama-sama menuju Polda DIY untuk mengambil tersangka dikarenakan yang menjadi tersangka adalah anggota Polri dari kesatuan Polsek Kalasan Polres Sleman Polda DIY," kata Uliandi.

Ilustrasi Sosial Media (Lawgo)

Kedua, akun Facebook bernama Ahmad Khoizinudin. Penyidikan terhadap pemilik akun FB ini akan dilakukan oleh Subdit 2 Dittipidsiber Bareskrim Polri.

Akun ketiga yang diusut adalah WhatsApp dengan nomor 62819912xxxxx. Penyidikan juga dilakukan oleh Bareskrim Polri.

Akun keempat adalah Facebook Imam Kurniawan yang ditangani penyidikannya oleh Subdit Siber Ditkrimsus Polda Sumatera Utara. Imam ditangkap setelah menulis komentar tak senonoh terhadap istri awak KRI Nanggala-402.

Terakhir adalah akun Facebook Jhon Silahoi ditangani oleh Subdit Siber Ditkrimsus Polda NTT. Pelaku menulis komentar negatif terhadap para awak KRI Nanggala-402 yang gugur.

Terbaru, polisi telah menangkap dan menetapkan pemilik akun Facebook Imam Kurniawan menjadi tersangka terkait komentar tak senonoh soal insiden tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402.

Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Hadi Wahyudi menyatakan pria pemilik akun tersebut juga bernama Imam Kurniawan. Polisi mengatakan pelaku telah mengakui perbuatan mengunggah komentar bernada negatif terkait tragedi KRI Nanggala-402.

"Betul [jadi tersangka] saat ini ditahan di Rutan Polda. Yang bersangkutan mengakui pemilik akun tersebut dan memposting kata-kata yang tidak pantas dan tentu melukai seluruh keluarga besar TNI AL dan kita semua masyarakat Indonesia," kata Hadi dilansir dari CNNIndonesia.com, pada Selasa (27/4/2021).



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"