Deretan Sepatu Retro yang Gak Ada Matinya, Tetep Kece Sampe Sekarang

Deretan Sepatu Retro yang Gak Ada Matinya, Tetep Kece Sampe Sekarang

Mengingat masa lalu emang perlu. Yang penting mah jangan sampe terjebak kenangan lah ya ... eaaa.

Nah, mengingat-ingat masa lalu bisa dilakukan dengan banyak cara dan untuk apa aja. Gak cuman masa lalu kamu dan dia doang kan, hehehe. Salah satunya adalah sepatu. Iya, sepatu-sepatu retro kan oke punya sebenernya.

Kali aja kalian masih punya atau tertarik untuk mengoleksinya lagi boleh loh. Kalian bisa sesuaikan dengan gaya kalian sekarang. Toh, tren fashion selalu berputar dari masa ke masa dan begitu terus, bukan?

Dilansir dari Fashionbeans, ini dia deretan sneakers retro yang gak ada matinya. Tetep kece kok meski kalian pakai sekarang. Cek kuy.

1. Sepatu Berbahan Kanvas

1. Sepatu Berbahan Kanvas Sepatu Converse gini masih kece buat dipakai sehari-hari (solecollector.com)

Sepatu berbahan kanvas mungkin emang salah satu barang lawas. Tapi jangan salah, sepatu kanvas Converse misalnya, masih tetep jadi primadona loh sampe sekarang.

Converse memakai bahan kanvas pada bagian upper-nya dan terkenal dengan siluet Chuck Taylor. Nama Chuck Taylor diambil dari pebasket Charles Hollis "Chuck" Taylor yang membantu Converse memasarkan sepatu-sepatunya.

Sepatu Converse tahun 1917 (urbanindustry.com)

Sepatu itu jadi beken sebagai sepatu basket sejak dikenalkan kepada publik pada 1917 silam. Udah tua banget ya. Hingga kini, nyaris gak ada yang berubah dari segi desainnya. Mulai dari upper canvas, sol karet putih, hingga branding bundar di sampingnya.

Yang berubah jelas cuman harganya aja, hehehe.

Selain Converse, ada lagi kok merek lain yang menjual sepatu kanvas seperti Superga dari Italia yang memperkenalkan model 2750 tahun 1925. Merek Novesta dari Slowakia yang dipasarkan sejak 1930-an, serta Pro-Keds sejak tahun 1949 silam.

2. Sepatu Tenis

2. Sepatu Tenis Adidas Stan Smith (sneakerfiles.com)

Sepatu tenis juga gak ada matinya gengs, Adidas Stan Smith misalnya. Dulunya, sepatu itu bernama Robert Haillet, nama seorang petenis asal Prancis. Stan Smith juga petenis sih.

Terlepas dari sisi historisnya, sepatu bikinan Adidas ini masih tetap diproduksi sampe sekarang loh. Yang bikin menarik adalah desainnya yang amat minimalis, gak banyak embel-embelnya.

Ini nih om Stan Smith yang beneran (groupe-portedauphine.fr)

Di sampingya hanya ada tiga garis berlubang. Sementara ada warna hijau di bagian tumit dan tongue-nya.

Sepatu minimalis ini juga asik banget digunakan. Soalnya bisa dipadupadankan dengan berbagai gaya berbusana.

3. Retro Runner

3. Retro Runner Nike Cortez, jadul, tapi tetep kece (smithland.co.uk)

Sepatu lari yang masih digandrungi banyak orang sampe sekarang adalah Nike Cortez. Sepatu itu diciptakan oleh pelatih atletik sekaligus co-founder Nike pada 1972 silam.

Sepatu itu dianggap revolusioner karena memiliki sejumlah fitur yang menarik. Misalnya, sol karet yang lebih tebal dan jadi lebih kuat juga tahan lama deh.

Tuh, dari jaman dulu juga udah kece kok sepatunya (pinterest.com)

Tadinya, Nike Cortez dirancang emang buat lari aja sih. Lama-lama, sepatu itu malah jadi lebih menarik untuk mejeng sehari-hari deh. Kalian bisa tampil lebih kece dengan sepatu retro begini gengs.

Sepatu sejenis dari merek lain yang gak kalah kece misalnya New Balance M320. Gak ketinggalan merek Adidas, Diadora, hingga Puma yang punya juga model begini nih.

4. Sepatu Sepak Bola Kasual

4. Sepatu Sepak Bola Kasual Misalnya Adidas Samba begini nih ... tetep asik dipake gengs (thinkempire.com)

Sepatu olahraga jadul lainnya yang gak kalah asik dipake sekarang adalah sepatu sepak bola kasual. Misalnya sepatu yang outsole bawahnya tajem-tajem tuh.

Sepatu yang dimaksud seperti Adidas Hamburg, Adidas Samba, atau Adidas Gazelle. Ciri khasnya yang menarik adalah bahan suede di bagian upper, serta outsole karetnya itu loh.

Selain itu, ada juga sepatu Reebok Classic yang didominasi warna putih. Sepatu kece itu masih bikin kalian tampil kece di muka publik gengs.

5. Sepatu Skate

5. Sepatu Skate Sepatu Vans gak ada matinya gengs (bustle.com)

Sepatu skate gak jauh-jauh deh dari ngomongin label Vans. Sepatu ini lahir di California, Amerika Serikat. Dulunya nih, sepatu Vans ternyata digunakan oleh para pekerja di Disneyland loh.

Reputasinya sebagai sepatu skate baru didapat saat komunitas skateboard di California selatan ngerasa cocok dengan Vans. Soalnya desainnya kasar (rugged). Sol sepatunya juga pas dan nempel di atas papan skate mereka.

Dari dulu sampe sekarang, kecenya bukan kaleng-kaleng (unsplash.com)

Semenjak itulah sepatu skate semakin beken dan berkembang. Vans bahkan gak cuma dipakai oleh para skaters, tetapi juga mereka yang pengin "tampil" banget gengs.

Alternatif selain Vans untuk sepatu skate adalah Coonverse One Star atau Nike Blazer.

6. Sepatu Basketball Hi-Top

6. Sepatu Basketball Hi-Top Air Jordan 1, badai bangets (sneakers-magazine.com)

Sepatu retro yang gak kalah seru buat dipake sekarang adalah sepatu basket hi-top. Ini kan ngetren banget pas 1990-an akhir dan 2000-an awal dulu ya.

Beberapa brand di antaranya jelas Nike untuk Air Jordan 1 dan Air Force 1 high. Ada juga Reebok dan Adidas dengan ciri khas yang hampir mirip.

Vintage bangets kan?! (grailed.com)

Air Jordan 1 disebut-sebut sebagai sepatu paling kece buat jenisnya. Hingga kini, terdapat banyak ratusan desain yang meneruskan kejayaan sepatu basket hi-top itu gengs. Dan sekarang, kalian bisa gunakan lagi, atau mungkin beli lagi gitu, dan cocok banget buat nyantai atau bergaul.

Ya itu dia deh deretan sepatu retro yang gak ada matinya. Tetep kece meski kalian pake sampe sekarang. Serius ini.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"