Daftar Benda Wajib yang Dibawa Pilot Saat Lakukan Penerbangan, Awas Jangan Sampai Ketinggalan

Daftar Benda Wajib yang Dibawa Pilot Saat Lakukan Penerbangan, Awas Jangan Sampai Ketinggalan

Pilot diharuskan membawa benda wajib dalam sebuah penerbangan. Biasanya benda wajib yang dibawa pilot ini berada di dalam tas koper miliknya. Penasaran nggak sih, benda-benda wajib apa saja yang selalu dibawa pilot ketika sedang bekerja. Sebab tidak hanya pilot, pramugari juga memiliki benda wajib yang harus dibawa saat bekerja. 

Jam Tangan

Jam tangan adalah benda yang cukup penting dibawa oleh pilot. Biasanya jam tangan tidak dimasukkan ke dalam tas atau koper, melainkan dikenakan di tangan kanan atau kiri. Selain berfungsi sebagai penunjuk waktu, jam tangan pilot bisa membantu pilot dalam melakukan komunikasi dengan pihak ATC Bandara.

Misalnya kapan pilot masuk ke dalam pesawat, menyalakan mesin pesawat, memundurkan pesawat, hingga melakukan take off. Selain itu saat pesawat menjalani proses pendaratan atau landing di sebuah bandara,hingga keluar dari pesawat, pilot juga wajib melihat waktu dan memberikan informasi kepada ATC Bandara.

Daftar Benda Wajib yang Dibawa Pilot Saat Lakukan Penerbangan (Kabar Penumpang)

Pulpen

Meski dianggap benda yang tidak penting bagi banyak orang, pulpen adalah benda penting bagi pilot. Sebagai alat tulis, pulpen digunakan pilot untuk mencatat dengan detail soal penerbangan yang dilakukan. Selain mencatat, pilot sering menandatangani beberapa dokumen yang biasanya diberikan kru pesawat kepadanya menjelang pesawat take off dan sesudah proses landing.

Kacamata Hitam

Kacamata hitam sering dipakai pilot yang melakukan penerbangan pada pagi hingga sore hari. Benda wajib yang dibawa pilot ini penting. Ternyata pemakaian kacamata hitam itu bukan semata-mata untuk sekedar gaya lho. Ternyata kacamata hitam pilot berfungsi untuk melindungi bagian mata pilot yang menjalani penerbangan saat matahari sedang bersinar. Kaca depan kokpit dan jendela kokpit pesawat tidak dilengkapi kaca film. 

Dokumen Lisensi

Dokumen berupa surat izin atau lisensi penerbangan pilot sangat penting. Ini sama dengan seorang pengendara motor yang harus membawa SIM C dan pengendara mobil membawa SIM A ketika berkendara, atau sopir truk yang membawa SIM B2.

Pilot pun harus mengantongi surat izin untuk menerbangkan pesawat. Lisensi itu juga menunjukkan kualitas atau kompetensi yang dimiliki seorang pilot. Jika surat ini tidak dibawa, pilot bisa dilarang untuk melakukan penerbangan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"