China Mulai Menerapkan Swab Anal untuk Mendeteksi Covid-19

China Mulai Menerapkan Swab Anal untuk Mendeteksi Covid-19

China mewajibkan saat ini mewajibkan untuk seluruh wisatawan yang berkunjung ke negaranya untuk melakukan tes swab anal untuk mencegah penyebaran virus corona.

Dikutip dari laman New York Times, media pemerintah China mengakui kalau beberapa pendatang yang berkunjung ke kota-kota di China, salah satunya seperti Beijing dan Shanghai, harus menjalani tes tersebut. 

China mewajibkan swab anal (thejakartapost.com)

Akan tetapi, laporan tersebut mengatakan kalau kategori pelancong yang wajib menjalani tes swab anal itu berbeda-beda, tergantung apakah mereka termasuk yang beresiko tinggi atau tidak.

Tindakan yang diambil oleh China tersebut menuai banyak kemarahan dan protes dari pemerintah asing. Pemerintah Jepang telah meminta China untuk berhenti melakukan tes usap swab anal untuk mendeteksi Covid-19 bagi warganya. Sebab, pemerintah Tokyo mengatakan kalau tes swab anal dapat memicu masalah psikologis bagi warga mereka.

"Beberapa orang Jepang melaporkan ke kedutaan kami di China bahwa mereka menerima tes swab anal, yang menyebabkan rasa sakit psikologis yang hebat," kata Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Katsunobu Kato dalam konferensi pers pekan lalu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"