Cerita Hidup Madame Tussaud yang Kelam, Hingga Punya Museum Paling Populer di Dunia

Cerita Hidup Madame Tussaud yang Kelam, Hingga Punya Museum Paling Populer di Dunia

Pernah denger nama Madame Tussaud? Nama itu dikenal luas sebagai nama sebuah museum yang punya banyak koleksi patung lilin tokoh-tokoh dunia.

Di Museum Madame Tussaud, kamu bisa ngeliat sendiri ciri-ciri fisik tokoh-tokoh dunia yang terkenal dari berbagai negara. Baik yang udah mati atau masih hidup. Semua ciri fisik tokoh penting, baik tokoh penting maupun tokoh populer dunia, digambarkan sampe detail banget. 

Kamu jadi bisa foto sama tokoh penting itu meski emang cuman patung lilin aja sih. Tapi di balik itu, siapa sih Madame Tussaud yang terkenal itu? Kenapa akhirnya ada banyak museum yang menyimpan patung lilin orang-orang beken dunia?

Ed Sheeran yang beneran yang mana tuh? (pinterest.com)

Madame Tussaud punya nama asli Anna Maria Grosholtz. Dia lahir di Strasbourg, 1 Desember 1761. Perempuan Prancis ini punya cerita hidup yang sebenernya kelam.

Dalam cerita hidupnya, perempuan yang dulu dipanggil Marie ini adalah anak seorang janda. Ibunya dulu bekerja sebagai asisten rumah tangga seorang pakar anatomi terkenal dari Swiss, Philippe Curtius.

Curtius adalah seorang pembuat patung lilin terkenal di Bern. Marie kemudian diadopsi oleh Curtius yang sering membuat model anatomi tubuh manusia dari lilin. 

Curtius kemudian membawa Marie tahun 1765 ke Paris, Prancis. Ibunya juga ikut diajak pergi ke Paris persis setelah Curtius mendapatkan posisi yang lebih bergengsi di dunia yang digelutinya. Di Paris, Curtius pernah menggelar pameran lilin pertamanya tahun 1770. Tahun 1776, Curtius pun pindah ke istana kerajaan.

Madame Tussaud (britannica.com)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"