Cerita 5 “Paspampres” yang Kawal Para Pemimpin Dunia, Ada yang Berjumlah Ribuan Orang

Cerita 5 “Paspampres” yang Kawal Para Pemimpin Dunia, Ada yang Berjumlah Ribuan Orang

Di Indonesia Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres  bertugas sebagai pengawal Presiden. Semua Presiden dan pemimpin negara-negara dunia memiliki pasukan khusus yang bertugas mengawal dan memberikan perlindungan selama 24 jam. Berikut 5 cerita “Paspampres” para pengawal pemimpin dunia.

1.    Supreme Guard Command

Supreme Guard Command alias SGC adalah pengawal Presiden Korea Utara. Kim Jong Un dan keluarganya dilindungi oleh anggota SGC. Anggota SGC harus melindungi tampuk pimpinan tertinggi di Korea Utara. Misalnya di momen acara kenegaraan, bagaimana SGC berlarian mengikuti mobil yang dinaiki Kim Jong Un.

SGC terdiri dari 6 departemen, 3 brigade tempur, beberapa divisi pengawal, dan 1 batalion konstruksi. Jumlah SGC di Korea Utara sangat banyak jumlahnya mencapai ribuan karena tidak hanya Kim Jong Un yang dijaga selama 24 jam.

Cerita 5 “Paspampres” yang Kawal Para Pemimpin Dunia, Ada yang Berjumlah Ribuan Orang (Tribunstyle)

2.    Secret Service

Secret Service adalah pengawal Presiden Amerika Serikat. Semua anggota Secret Service memiliki strategi untuk menangkis dan menangkal peluru dari musuh yang ditembakan kepada Presiden AS. Tak disangka, ternyata Secret Service sudah dibentuk selama ratusan tahun.

Secret Service tidak hanya melindungi Presiden saja juga keluarga Presiden yang tinggal di Gedung Putih. Secret Service bertugas melindungi dan menjaga keamanan tamu negara yang melakukan kunjungan di Amerika. Mantan Presiden Donald Trump pernah dikawal sampai seribu Secret Service.

3.    Federal Protective Service

Jika Amerika Serikat punya Secret Service, Rusia memiliki pasukan keamanan khusus yang melindungi Presiden Valdimir Putin. Pasukan khusus ini bernama Federal Protective Service atau FSO. FSO bertanggung jawab atas keamanan Presiden dan pejabat di Rusia.

Pemerintah Rusia sangat merahasiakan segala informasi mengenai FSO. Berapa jumlah FSO? Menurut informasi yang beredar, ada sekitar 20 ribu anggota FSO yang memiliki kemampuan melakukan penyerangan kepada musuh yang hendak mencelakai Presiden Rusia.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"