Cegah Kecelakaan dengan Truk Kontainer di Jalan Tol, Begini Tips Menyetir Mobil yang Aman

Cegah Kecelakaan dengan Truk Kontainer di Jalan Tol, Begini Tips Menyetir Mobil yang Aman

Beberapa waktu lalu terjadi kecelakaan antara truk kontainer  dengan mobil pribadi milik bos Indomaret, Yan Bastian yang terjadi di jalan Tol Cipularang arah Jakarta. Kecelakaan  tersebut memang mengerikan karena body mobil Hyundai yang dinaiki Yan tertimpa kontainer.

Truk kontainer kerap ditemui di jalanan Tol dalam dan luar kota. Pengemudi mobil pribadi pun harus berhati-hati ketika berjalan di samping truk kontainer tersebut. Jangan sampai kita menjadi korban kecelakaan seperti yang dialami oleh Yan, meski sudah berhati-hati.Berikut ini beberapa cara yang dilakukan untuk mencegahnya.

1. Jangan Grogi

Biasanya truk kontainer berada di jalur satu atau kiri dan jalur dua atau tengah. Sopir truk akan mengendarai truk kontainer dengan kecepatan yang pelan. Mobil pribadi bisa menyalip di sebelah kiri atau kanan truk kontainer tersebut.

Saat menyalip usahakan jangan canggung atau grogi. Sebab pengemudi mobil yang grogi bisa jadi malah khawatir dan alami kecelakaan saat menyalip truk kontainer. 

Truk Kontainer di Jalan Tol (Tribun)

2. Jangan Ragu Saat Menyalip

Langkah kedua ini ada kaitannya dengan nomor 1 tadi. Ketika mobil mendahului truk, usahakan jangan ragu. Lakukan secepat mungkin saat menyalip. Ketika menyalip truk kontainer usakan sambil membunyikan klakson atau lampu beam, supaya sopir truk kontainer tahu ada kendaraan di sebelah kanan atau kiri menyalip.

3. Pantang Mengerem Mendadak

Ketika mengendarai mobil di depan truk, usahakan jangan mengerem mendadak. Sebab truk jangan disamakan dengan mobil pribadi. Truk merupakan jenis kendaraan berat yang tidak bisa langsung berhenti ketika direm. Saat mengerem mendadak malah bisa memicu tabrakan beruntun dari belakang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"