Cara Paling Mudah Tapi Ampuh Buat Menenangkan Diri Saat Lagi Marah

Cara Paling Mudah Tapi Ampuh Buat Menenangkan Diri Saat Lagi Marah

Emang yang namanya marah tuh bisa datang kapan aja. Dalam kegiatan sehari-hari, ada aja yang bikin kesal sampai kamu pengen banget marah. Ini bisa aja karena kendaraan mendadak mogok, kamu jadi telat, lupa bawa sesuatu, teman mendadak bikin kesal, nunggu ojek online lama banget, ada barang kamu yang mendadak rusak, lagi marahan sama pacar, dan sebagainya. 

Tapi, dalam situasi tertentu, kamu mungkin nggak bisa meluapkan kemarahanmu untuk sementara waktu. Jadi, yang bisa dilakukan adalah meredakan rasa marahmu biar nggak meledak saat itu juga. Gimana caranya?

Jangan lupa napas (health.com)

Bernapas dalam-dalam 

Hal pertama yang bisa kamu lakukan dan sangat mudah adalah bernapas. Waktu ada yang bikin kamu super kesel, cobalah bernapas dalam-dalam. 

Emang sih kesannya sepele, tapi cara ini terbukti lho bikin orang jadi nggak terlalu tegang dan lebih tenang. Jadi, kalo mendadak ngerasa marah, coba dulu tarik napas secara perlahan lewat hidung, lalu lepaskan dari mulut. Ulangi sampai kamu lebih tenang. 

Berjalan-jalan dan mengalihkan pikiran 

Kalo tiba-tiba ada hal yang bikin kamu marah, coba deh pergi dulu. Ambil waktu sebentar buat jalan-jalan, menghirup udara segar, dan mengalihkan pikiran. Cara ini juga bisa bikin pikiranmu lebih jernih dan nggak akan meledak-ledak walau lagi emosi. Kalo emang rasanya nggak bisa ditahan, mungkin pergi ke toilet dan menangis sepuasnya bisa jadi solusi. Dijamin langsung plong~ 

Minum dulu biar rileks (mannowhere.com)

Minum air dingin 

Coba deh minum air dingin waktu kamu lagi super emosi sampai di atas kepala rasanya udah bertanduk. Bisa juga pilih minuman yang bikin kamu ngerasa segar, misalnya minuman asam, cokelat dingin, boba milk tea, atau es kopi kekinian. 

Mendengarkan musik favorit 

Biar pikiranmu lebih tenang, bisa coba dengerin musik sambil memejamkan mata. Pokoknya bikin diri kamu lebih rileks dan santai. Lupain sejenak hal yang bikin kamu marah. Bingung mau dengerin musik apa? Menurut penelitian, musik ‘keras’ macam heavy metal bisa bikin orang lebih tenang. Bisa dicoba, gengs! 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"