Cara Menggunakan Sandi Morse Peluit

Cara Menggunakan Sandi Morse Peluit

Sandi morse merupakan sandi penting ang biasa wajib dihafalkan sama anak pramuka. Sandi ini digunakan untuk meampaikan pesan kepada anggota lain atau memberikan pertanyaan pada saat kegiatan pramuka.

Sandi morse adalah suatu kode yang menggunakan simbol titik untuk bunyi pendek ( . ) dan garis ( – ) untuk bunyi pajang. Kedua kode tersebut yang disusun sebagai rangkaian tertentu tertentu. Untuk kemudian diterjemahkn oleh penerima.

Gimana sih sejarah terciptan sandi morse ini?

Gimana sih sejarah terciptan sandi morse ini? Telegraf menggunakan sandi morse (americanhistory.si.edu)

Kode morse ditemukan oleh Samuel Finley Breese Morse, seorang seniman dan politikus yang menciptakan pesawat telegraf.

Pada bulan Oktober tahun 1832 Samuel Morse mendengar perbincangan mengenai konsep elektromagnet yang baru ditemukan. Dari kejadian ini, ia berpikir tentang konsep telegraf listrik.

Tahun 1835 Samuel Morse berhasil menemukan model telegraf pertamanya, yang kemudian dioperasikan di gedung Universitas New York. Kemudian pada tahun 1837 Samuel Morse mendapatkan dua orang partner. Leonarde Gale dan Alfred Vail yang membantu untuk mengembangkan konsep telegrafnya.

Telegraf yang dikembangkan Samuel Morse memiliki sebuah sandi yang terdiri dari titik dan garis untuk mengubah angka menjadi kata-kata. Samuel morse menggunakan sandi titik garis dan kamus angka kata untuk menuliskan surat secara langsung.

Hingga saat ini kode atau sandi morse itu masih digunakan. Berkembang menjadi sebuah standar yang digunakan di seluruh dunia. Sandi ini salah satunya dapat disampaikan dengan menggunakan peluit. Disebut dengan sandi morse peluit.

Peluit pramuka untuk mengirim sandi morse peluit (zadwholesalejewelry.com)

Manfaat sandi morse peluit diantaranya:

1. Berkomunikasi jarak jauh

Komunikasi menggunakan sandi morse peluit ini dapat dilakukan dalam jarak yang jauh. Saat ini penggunaan sandi morse masih eksis dalam dunia maritim baik nasional maupun internasional.

Bisa juga digunakan untuk mengirim sinyal bahaya atau SOS.

2. Memberikan pesan rahasia

Sandi morse peluit ini dapat diubah berdasarkan kesepakatan. Sehingga bisa digunakan untuk mengirim pesan rahasia.

3. Digunakan dalam kegiatan kepramukaan

Sandi morse masih eksis hingga saat ini dikalangan anak-anak pramuka. Sandi morse peluit sering digunakan untuk mengirim pesan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"