Budaya Takhayul di China, Wanita Hamil Dianjurkan Makan Kepala Anjing

Budaya Takhayul di China, Wanita Hamil Dianjurkan Makan Kepala Anjing

Masing-masing negara biasanya punya kepercayaan takhayul yang berbeda. Begitu pula di China, dimana para wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk makan kepala anjing dan tak dibolehkan minum kopi. 

Menurut laman South China Morning Post (30/8/2024), di bulan keempat kehamilan, para ibu disarankan makan nasi, gandum dan belut. Makanan ini diyakini bisa menjernihkan darah serta mencerahkan mata janin.

Jander Lee, seorang akademisi mengungkapn sebuah isian dalam kitab ehamilan dan Kelahiran menurut budaya Taichanshu, "Orang yang hamil harus merebus kepala baimugou dan memakannya sendiri. Anaknya akan cantik dan mempesona, dan akan lahir dengan mudah." Baimugou merupakan anjing bulu putih.

Dan jelas saja, anjuran ini bertolak belakang dengan para dokter di zaman sekarang. Selain itu, ada pula kepercayaan mereka yang berkaitan dengan ibu hamil.

Ilustrasi ibu hamil (via pexels)

Salah satunya diungkap oleh Queenie Tsay dalam The China Medical Journal tahun 1918, "Saya hanya akan menyebutkan beberapa, kebanyakan tidak lebih dari imajinasi bodoh para bidan pribumi kuno, yang umum di antara orang Tionghoa di Hangchow (Hangzhou)," katanya.

Banyak yang meyakini jika ibu hamil sebaiknya makan di mangkuk nasi kecil agar mencegah kepala janin yang besar. Mereka juga dianjurkan mengkonsumsi lembaran tahu kering untuk mencegah selaput janin yang berkembang terlalu tebal.

Lalu ada yang meyakini untuk tidak makan ular, udang, dan kepiting saat hamil. Sebab diyakini anak akan lahir dengan kulit bersisik atau menderita ruam jika ibunya memakannya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"